Monday, September 12, 2016

Pantai Mawun, New Zeland ala Lombok Tengah

                                                                  Gambar Doc. R.U


Pantai Mawun terletak disebelah barat Pantai Kuta dan berada dijalur yang sama dengan Pantai Selong Belanak, Pantai Karang, serta beberapa pantai eksotik lainnya yang tersembunyi di wilayah Kabupaten Lombok Tengah. Jika berangkat dari wilayah kota Selong melalui rute Keruak – Pujut, maka jarak tempuh bisa menjadi lebih dekat dibandingkan dengan melalui rute yang berada di pusat kota Praya. 

Sedangkan jika dari arah kota Mataram, pengunjung langsung saja kearah wilayah Lombok Tengah bagian selatan (arah menuju pantai Kuta). Setelah tiba bunderan pertama yang tak jauh dari pantai Kuta, baru belok kanan menuju arah pantai Selong Belanak. Tidak jauh dari bunderan pertama tersebut pengunjung harus bersiap-siap melewati jalan yang rada-rada ekstrim karena tanjakan yang dilalui cukup curam. Apalagi dengan kondisi jalan yang masih berlubang dibeberapa sisi, serta kejutan yang seringkali di hadiahkan oleh sapi-sapi penduduk setempat yang melenggang dengan santai di jalan raya. 

Namun setelah tiba di lokasi Pantai Mawun, semua letih dan perasaan penat yang dirasakan selama menuju lokasi ini akan terbayar lunas oleh sebuah Maha Karya nan memukau yang terbentang di depan mata. Pantai Mawun, ibarat surga kecil yang dititipkan Tuhan di muka bumi ini, mungkin inilah New Zelandnya Lombok. Hamparan pasir putih yang lembut dan langit biru seakan menyatu bersama birunya air laut yang sangat jernih dengan ombak besar yang sesekali datang bergulung-gulung menjilat bibir pantai. 

Bagi pengunjung yang memiliki hobi menapaki perbukitan, maka bukit-bukit kecil di kedua sisi pantai yang seolah menjadi dinding kokoh yang melindungi keberadaan pantai ini dapat didaki meski harus membutuhkan perjuangan. Dan bagi para pecinta selancar, maka tak ada salahnya menjajal ombak pantai Mawun yang banyak digemari oleh para bule dan penikmat destinasi wisata yang masih alami dan penuh kedamaian ini.

Selain gradasi warna biru yang memukau, pantai Mawun juga memiliki sebuah trend picture yang sangat menarik. Yaitu berupa sebatang pohon yang senantiasa menghijau dan tumbuh subur, meskipun musim panas masih enggan beranjak dari wilayah Mawun dan sekitarnya. Dibawah teriknya matahari sembari memanjakan kaki dengan pasir putih yang lembut, pengunjung dapat menikmati segarnya air kelapa muda yang banyak dijual oleh penduduk setempat di warung-warung sederhana yang berjejer tak jauh dari bibir pantai. 



Namun meskipun pantai ini sudah dikenal oleh khalayak ramai dan banyak di kunjungi, beberapa fasilitas yang tersedia belum memadai dan dikelola sepenuh hati. Sebagai catatan, jika berkunjung ke Pantai Mawun sebaiknya pengunjung membawa kendaraan sendiri karena tidak ada angkutan umum yang menuju lokasi-lokasi wisata tersebut.

Seorang INTROVERT yang Menyukai Dunia Blogging Di akhir tahun 2015 samapi dengan sekarang, yang sedang Belajar  Mengenal Dunia Blogging dan Harapan Ingin Menjadi Seorang "Blogger Profesional & Blogger Preneur". (23/8 bangoji.net)

Silahkan Berikan Komentar Relevan Untuk Artikel Ini
¤ Tidak Nyepam
¤ Tidak Promosi
¤ Tidak Menyematkan Link Aktif

Akan dihapus Spam, Promosi dan Link Aktif

*Diperbolehkan Untuk Diskusi dan Sharing Dikolom Komentar
EmoticonEmoticon