Friday, September 2, 2016

Air Terjun Mangku Sakti; Kecantikan Sempurna Ditengah Hutan

Gambar Dok. R.U


Air terjun mangku sakti adalah sebuah air terjun dengan kecantikan sempurna dan tersembunyi ditengah hutan yang berada tepat di kaki gunung Rinjani. Lokasi air terjun mangku sakti terdapat di desa Sajang, kecamatan Sembalun, kabupaten Lombok Timur, NTB. Letaknya yang jauh dari pusat kota memerlukan kesababaran serta perjuangan untuk mencapai lokasinya, terasa sebanding dengan kepuasan yang didapatkan setelah berhasil bercengkrama dengan gemericik air yang jatuh diantara tebing bebatuan.

Meskipun tanpa bantuan seorang pemandu, pengunjung yang hendak ke lokasi air terjun ini tidak usah khawatir akan tersesat karena sudah ada petunjuk arah yang dapat meminimalisir ataupun mencegah para pengunjung mengambil arah yang salah. 

Baca Juga : 
Batu Payung (The Amazing Great Stone at Central Lombok)
Enyahkan Kejenuhan, Nikmati Indahnya Gili Trawangan
Kurang Afdol kalau tidak Berwisata ke Lembah Sembalun
Labuan Haji, Pantai Sederhana dengan Siluet Sunrise yang Luarbiasa 

Setelah membayar registrasi pengunjung (sebesar 5.000 rupiah per orang) di desa yang menjadi pintu masuk menuju air terjun mangku sakti, para pengunjung masih harus menempuh perjalanan kurang lebih sejauh 4 km untuk tiba di area parkir. Dan medan menuju area parkir tersebut sangat sulit, kondisi jalannya masih rusak parah dan belum disikapi secara serius oleh pihak pengelola maupun pemda setempat. Sebab keberadaan air terjun ini masih terbilang baru mencuat ke permukaan. 

Namun selama perjalanan, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam khas pegunungan yang sangat fantastis. Kokohnya Rinjani di kiri jalan, dan hijaunya pepohonan serta hamparan savanna sejauh mata memandang merupakan potret indah yang disuguhkan sepanjang perjalanan. 

Pepohonan yang menjulang tinggi laksana payung alam akan semakin rindang begitu mendekati areal parkir dan beberapa ratus meter sebelum tiba di lokasi air terjun. Dari area parkir masih harus menempuh jarak sekitar 2 km lagi, dengan berjalan kaki melewati hutan. Sebab kondisi jalannya sangat tidak memungkinkan untuk tetap menggunakan kendaraan, baik sepeda motor apalagi mobil. 

Beberapa meter dari lokasi tujuan diujung jalan setapak yang bercabang, pengunjung akan dihadapkan pada dua pilihan. Karena masih disekitar lokasi yang sama, terdapat dua destinasi wisata yang sama-sama menarik dan sayang untuk dilewatkan. Jika mengikuti jalan setapak kearah kiri berarti memilih air terjun mangku kodek (kuda sembrani) yang berada dibagian hilir. Sedangkan jika mengikuti jalan setapak kearah kanan, berarti pengunjung memilih air terjun mangku sakti. 

Setelah berhasil tiba di lokasi, diantara rimbun ilalang dan pepohanan yang menjadi dinding pelindung eksotismenya, air terjun Mangku Sakti terlihat berkilau indah diantara celah bebatuan cadas setinggi 52 meter yang mengapitnya. Bahkan gemerisik air, hutan, angin, bahkan hewan seolah melantunkan nyanyian selamat datang dan bersatu padu mencipta harmoni yang begitu luarbiasa memanjakan telinga.

Air terjun Mangku Sakti, yang dalam bahasa sasak sendiri bisa diartikan sebagai “Tetua atau penunggu Sakti” (Mangku: tetua atau penunggu. Sakti: sakti). Airnya sangat jernih berwarna hijau kebiruan, warna yang sama dengan warna air kokoq putek di desa Bayan, Lombok utara.  Aroma belerang sesekali menguar di udara, karena airnya memang mengandung belerang yang berasal dari danau Segara Anak. Air terjun ini dikelilingi oleh bebatuan besar dan panorama hijau khas alam pegunungan terutama setelah memasuki musim penghujan, sehingga semakin menambah elok pesonanya yang benar-benar belum banyak terjamah.

Seorang INTROVERT yang Menyukai Dunia Blogging Di akhir tahun 2015 samapi dengan sekarang, yang sedang Belajar  Mengenal Dunia Blogging dan Harapan Ingin Menjadi Seorang "Blogger Profesional & Blogger Preneur". (23/8 bangoji.net)

Silahkan Berikan Komentar Relevan Untuk Artikel Ini
¤ Tidak Nyepam
¤ Tidak Promosi
¤ Tidak Menyematkan Link Aktif

Akan dihapus Spam, Promosi dan Link Aktif

*Diperbolehkan Untuk Diskusi dan Sharing Dikolom Komentar
EmoticonEmoticon