Sunday, October 23, 2016

Mengatur Perencanaan Keuangan Untuk Masa Depan

Mengatur Perencanaan Keuangan Untuk Masa Depan


Yuk, Atur UangMU

Masa Muda ini merupakan masa dimana perlu dan harus bisa mengatur perencanaan keuangan untuk masa depan yang cerah, bagaimanakah bisa kita sukses jika tidak ada perencanan dari awal.

Seringkali kita membaca atau mendengar nasihat agar senantiasa kita mengatur keuangan dengan baik, karena mengatur keuangan juga merupakan salah satu upaya kita untuk mendapatkan kebahagiaan di masa depan. Terlebih bagi anda yang sudah berkeluarg, keuangan yang sehat salah satu pondasi keluarga uang memang bukan segalanya, tapi fakta uang sangat berharga dan berarti untuk kehidupan sehari-hari.

Lalu Bagaimakah Cara Mengatur Keuangan yang Sehat dan Baik

Minggu yang lalu, saya di undang oleh komunitas warung blogger dalam rangka seminar edukasi bersama SinarmasMSIGlife, hanya sebatas peserta seminar saja.

Sedikit mengutip dari pembahasan "Mba Mike Rini Sutikno, Pemateri Seminar Edukasi  Yuk Atur Uangmu" bersama SinarmasMSIGlife #YukAturUangmu #SmiLeWithMeAda empat (4) tips cara untuk mengatur keuangan sehat dan baik, yaitu Menabung, Berinvestasi, Berwirausaha dan Berasuransi.


Pertama Menabung

Mengatur Perencanaan Keuangan Untuk Masa Depan

Sudah menjadi kewajiban untuk menabung, apalagi jika mempunyai sesuatu keinginan yang harus tercapai dalam jangka pendek ini.

Menabung memiliki banyak manfaat, terutama untuk membangun dan bekal masa depan. Tentu kita tidak ingin selamanya bekerja bukan? Di hari tua pasti kita menginginkan ketenangan dan menikmati hari-hari tua dengan melakukan banyak hobi atau berkumpul dengan keluarga. 

Dalam hal menabung kita juga harus tau rumusan dasar menabung yang baik agar bisa digunakan secara baik pula, berikut rumusan dan tujuan menabung.

>>> Menabung  > Transaksional                                                > Tabungan Harian 
                           >  Emergancy                                 >>  Bank   > Tabungan rencana
                           >  Kebutuhan Jangka Pendek                          > Deposito

Tentukan target usia kita bebas finansial, emakin besar uang yang kita tabung semakin cepat kemungkinan kita bebas finansial. Untuk tabungan, minimal kita perlu menyisihkan 10% dari gaji setiap bulannya. 

Buat rekening bank yang terpisah dengan rekening yang biasa kita gunakan untuk bertransaksi sehari-hari baik untuk keperluan belanja maupun liburan, dan gunakan rekening tabungan dengan bijak.


Kedua Berinvestasi


Investasi apasih ?
Banyak orang awam yang belum mengetahui lebih apa itu berinvestasi, tentu saya pun belom mengetahui sebenarnya. setelah saya membaca kesana-kesini mencari penegertian berinvestasi, akhirnya tahu juga apa itu investasi.

Wikipedia : berdasarkan teori ekonomi, investasi berarti pembelian (dan produksi) dari modal barang yang tidak dikonsumsi tetapi digunakan untuk produksi yang akan datang (barang produksi). 

Dalam berinvestasi kita perlu belajar mengatur dan mengetahui juga rumusan atau sejenis catatan penting sebelum terjun berinvestasi, berikut alur rumusan dan tujuan berinvestasi.

 >>> Berinvestasi
     > Pertumbuhan Aset (growth)                  >>  Jual Market  (Produk)  > Saham
     > Penghasilan Pasif (Pasif Income)                                                      > Obligasi
                                                                                                                   > Reksadana
     >> Komoditas   > Properti
                                > Emas
                                > Barang koleksi
                                > Mata Uang Asing

Di zaman era modern ini perlu sekali yang namanya berinvestasi, kita perlu untuk meningkatkan penghasilan dari berinvestasi. Fakta membuktikan banyak orang yang sukses karena berinvestasi dapat meningkatkan kesejahteraan finansial.

Karena itu kita bisa mengatur keungan kita untuk menyisihkan beberapa persen dari gaji kita untuk berinvestasi, jika gaji berpenghasilan lebih besar cobalah untuk berinvestasi dalam bentuk saham, obligasi dan reksadana. dan jika gaji dibawah rata-rata dan terbatas mainlah di investasi properti, emas, barang koleksi dan mata uang asing.

Benar apa yang pernah dikatakan oleh mas joko pemilik kanaljogja.com dalam dunia blogging juga membutuhkan investasi untuk kemajuan blog tersebut di masa mendatang, entah itu investasi berupa uang, tenaga dan pendukung lainnya.

Tentu yang di harapkan bagaimana  lima tahun kedepan ? mau dibawa kemana arah tujuannya?, kita bisa melihat sudut pandang yang berbeda untuk bisa menyimpulkan dalam satu arah tujuan yang kita rencanakan.

Ketiga Berwirausaha

Mengatur Perencanaan Keuangan Untuk Masa Depan

Apa sih wirausaha itu ? apa pengertian wirausaha ?
Sedikit saya ulas tentang wirausaha, wirausaha merupakan gabungan dari asal dua suku kata yaitu wira dan usaha. 
  • Wira     : Memiliki arti sifat  jantan, laki-laki, pahlawan, dan perwira.
  • Usaha    : Mengandung arti ikhtiar, perbuatan, prakarsa, dan daya upaya
  • Wirausaha : Merupakan sosok pejuang yang melakukan sesuatu.
  • Secara umum : Wirausaha dapat dikatakan sebagai orang yang berusaha untuk tujuan tertentu dengan peluang untung rugi.
Tujuan dan alur Berwirausaha menurut Rumusan :
>>> Berwirausaha  > penghasilan pasif (pasive Income)
                                 > Pertumbuhan Aset (Growth)
                                 > Membangun Sistem Sendiri
                                 > Waralaba

Dengan berwirausaha, kita bisa menambah keuangan agar perencanaan keuangan kita juga lebih baik. Bagaimana cara kita bisa berwirausaha, contoh kecil membuka warung kopi, konter pulsa, Toko ATK, dan lainnya dengan membangun sistem sendiri.

Dengan berwirausaha kita pun dapat membantu masyarakat seperti membuka kesempatan lowongan kerja, memberikan pelatihan wirausaha dan lainnya. sehingga bisa menciptakan wirausaha yang sukses dan baik.


Keempat Berasuransi

Mengatur Perencanaan Keuangan Untuk Masa Depan

Tahukah apakah itu asuransi, ? menurut saya asuransi adalah suatu program jaminan yang bisa memproteksi keadan finansial.

Asuransi sudah menjadi hal yang wajib kita sediakan, kenapa ? Dengan asuransi, kita bisa memproteksi keadaan finansial. Tidak akan pernah tahu kejadian di masa depan, entah tiba-tiba mengalami sakit atau kecelakaan. 

Ada beragam jenis asuransi. 

Asuransi yang paling penting untuk di miliki adalah asuransi kesehatan, asuransi rumah, dan asuransi kendaraan. Beruntung jika perusahaan dimana tempat kita bekerja sudah memproteksi asuransi. Untuk properti berharga, baik itu rumah atau mobil pastikan terus asuransi  tetap berjalan. 

Jangan sampai asuransi itu hanya berlaku ketika kita mengkreditkan saja., dengan begitu jika terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan asuransi dapat menjamin keadaan finansial tetap stabil.

Rumusan dan Tujuan Berasuransi :
>>> Berasuransi  > Atisivasi Resiko Kesehatan
                             > Atisivasi Resiko Kematian
                             > Atisivasi Resiko harta
                             > Investasi

Banyak sekali yang bisa kita dapatkan dalam berasuransi, bisa memproteksi jaminan finansial dan antisivasi untuk dimasa mendatang.

Kita bisa memilih jenis asuransi yang terbaik untuk memproteksi dan mengatisifasi resiko keadaan finansial, kita bisa memilih asuransi kesehatan seperti BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, dan asuransi lainnya.

Dimana kita bisa mengajukan asuransi ? kita bisa mengajukan asuransi ke pihak perusahaan yang menerima dan menangani dalam hal asuransi. seperti contoh kita bisa daftar di Sinarmas MSIG life atau diperusahaan yang sejenisnya.

Mengenal asuransi lebih dekat bersama SinarmasMSIGlife (www.sinarmasmsiglife.co.id)




Kelima Beramal

Mengatur Perencanaan Keuangan Untuk Masa Depan

Itulah Ke empat tips  mengatur perencanaan keuangan untuk masa depan, rasanya kurang pas jika ada point kelima ini. Maka dari itu, saya menambahkan satu point agar menjadi sempurna. seperti makana yang sehat dan baik yaitu empat sehat lima sempurna, komplit kan ?.

Di kehidupan beragama ini tentu pernah mendengar bahwa semakin banyak memberi, semakin banyak pula yang akan di terima. 

Begitu pula saat menyisihkan sedikit uang untuk beramal dan sodaqoh, kita bisa menggunakan presentasi berapa jumlah uang yang bisa kita sisihkan untuk memberi sesama, sebagai contoh  sisihkan 2,5% dari gaji setiap bulannya. 

Jika tidak berkeberatan lakukan dan luangkan atau sisihkan setiap bulannya secara rutin dengan beramal secara otomatis akan membuat kita merasakan apa arti kehilangan, sehingga akan menjadi orang yang tidak terlalu terobsesi dengan harta yang dimiliki.  

Berbagi itu indah, kita dapat membantu meringankan beban orang-orang yang sedang kesulitan disekitar.

Untuk beramal dapat percayakan kepada lembaga amal yang sudah berkompeten mengelola penghasilan untuk amal atau bisa memercayakan orang terdekat untuk kemudian disalurkan kepada yang membutuhkan seperti anak-anak yatim piatu atau fakir miskin dan lainnya yang berhak menerima

Penutup


#YukAturUangmu
#SmiLeWithMe

Mengatur Perencanaan Keuangan Untuk Masa Depan

#YukAturUangmu
#SmiLeWithMe

[Kutipan] Hidup Hemat Untuk Masa Depan

Sebanyak apapun uang yang di miliki, tidak akan membuat kalian kaya apabila tidak menerapkan prinsip hidup hemat. Kebiasaan ini harus di miliki oleh seseorang karena jika tidak, maka kecenderungan untuk menjadi konsumtif jadi tidak teratasi. 

Selain itu, dengan hidup hemat, maka kita sedang mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Jadi, jika Anda ingin memiliki masa depan yang lebih baik dari kehidupan  saat ini, ayo mulai hidup hemat dari sekarang. #YukAturUangmu #SmiLeWithMe.

Demikian yang bisa saya ulas mengenai bagaimana cara mengatur perencanaan keuangan yang baik dan benar untuk masa depan yang cerah. 

Source : www.sinarmasmsiglife.co.id

Seorang INTROVERT yang Menyukai Dunia Blogging Di akhir tahun 2015 samapi dengan sekarang, yang sedang Belajar  Mengenal Dunia Blogging dan Harapan Ingin Menjadi Seorang "Blogger Profesional & Blogger Preneur". (23/8 bangoji.net)

7 komentar

hal yang paling susah saya lakukan sampai sekarang adalah menabung, setiap ingin menabung pasti selalu gagal -_-

Btw, thanks atas informasinya mas, semoga menang :D hihihi

bisa mas robby dengan menyisihkan 10 % dari gaji kita setiap bulannya. jika ada niat insya allah bisa ko, heee

sama seperti saya juga belom bisa dari dulu ini menabung.

masih muda, harus memulai ngatur uang nih. banyak yg diatur ya itu tadi. menabung adalah hal minimal. selanjutnya investasi dan asuransi. sekarang tuntutanya memang begitu, biar dimasa tua bebas finansial

saya menabung cuma untuk dua hal: beli buku dan infaq bulanan. yang kedua selalu gagal saya kerjakan. thanks infonya. sangat bermanfaat

itu sudah termasuk investasi gan,. saya juga kalo masalah menabung masih belom bisa,. silahkan di share

Sampai sekarang saya masih penasaran, kenapa sih untuk menunjukan hidup hemat dengan menabung selalu gambarnya pegy..he..he..he... keren mas oji....sangat inspiratif...

Silahkan Berikan Komentar Relevan Untuk Artikel Ini
¤ Tidak Nyepam
¤ Tidak Promosi
¤ Tidak Menyematkan Link Aktif

Akan dihapus Spam, Promosi dan Link Aktif

*Diperbolehkan Untuk Diskusi dan Sharing Dikolom Komentar
EmoticonEmoticon