Cara Membuat Cilung Enak Dengan Isian Spesial

Cara Membuat Cilung Enak Dengan Isian Spesial - Cilung merupakan makanan yang memiliki keunikan tersendiri. Sebenarnya cilung ini adalah cemilan sederhana jika di rumah tidak ada cemilan dan hanya ada tepung kanji. Nah, cilung  ini kini malah dijual banyak oleh penjual di Bandung dan area Jawa Barat.

Memang tidak seperti cimol yang sangat populer. Cilung ini cenderung masih jarang yang menjualnya. Jadi anda masak sendiri di rumah saja jika ingin makan cilung. Dalam memasak cilung ini anda juga harus memperhatikan cara menggulungnya agar bagus rupanya. Berikut cara membuat cilung enak dengan isian special.



1.Cilung Isi Daging Giling

Anda bisa membuat cilung lebih special lagi, apalagi untuk cemilan bersama keluarga. Siapkan adonan cilung dahulu yaitu 10 sendok makan tepung kanji, tepung terigu 4 sendok makan, air, garam, dan kaldu jamur. Siapkan isian daging gilingnya yaitu daging giling 150 gram, bawang putih bubuk, garam dan merica.

Anda buat isiannya dahulu yaitu dengan menumis daging gilingnya. Tambahkan merica, garam dan bubuk  bawang putih secukupnya. Setelah matang daging gilingnya, sisihkan dahulu. Anda sekarang buat adonan cilungnya yaitu dengan mencampurkan tepung terigu, tepung sagu, air, garam dan kaldu jamur jadi satu.

Jika adonan sudah lumayan kental sedikit encer. Anda siapkan Teflon setelah itu anda tuang sedikit dengan centong sayur di Teflon. Tambahkan isian daging gilingnya. Ambil dengan tusukkan sate setelah daging giling menempel di cilung dengan sempurna.

2.Cilung Isi Serundeng

Membuat cilung isi serundeng ini mudah sekali dan tidak perlu banyak bahan. Anda cukup siapkan bahan-bahan tepung kanji 12 sendok makan, bubuk bawang putih ½ sendok teh, garam 1 sendok the dan air secukupnya. Untuk isiannya siapkan kelapa parut 150 gram, garam dan gula.

Anda buat dahulu isian serundengnya dengan menaruh kelapa parut di wajan dan tambahkan gula secukupnya. Beri sedikit garam dan sangrai kelapa parutnya. Saat memasak serundeng sangrai ini tentu saja harus diaduk terus agar tidak gosong di salah satu bagian.

Jika sudah jadi serundengnya sisihkan. Sekarang siapkan mangkuk besar dan masukkan tepung kanjinya. Tambahkan bubuk bawang putih dan garam. Diberi air secukupnya dan cetak adonan cilungnya. Anda cetak dikit demi sedikit di Teflon dan kemudian taruh isian serundengnya. Jika sudah gulung di tusukkan sate.

3.Cilung Isi Tahu Pedas

Tahu adalah bahan makanan yang enak jika dicampur denga napa saja. Cilung isi tahu ini maka enak sekali. Bahan yang perlu disiapkan untuk membuat cilung isi tahu pedas adalah tepung kanji 12 sendok makan, air, garam, tahu 4 buah dan cabe pedas. Siapkan juga bawang putih bubuk dan Masako sapi.

Anda siapkan dahulu tahunya dan diremukkan atau hancurkan. Tambahkan ulekan cabe dan garam. Diaduk rata tahunya dan setelah itu tumis sebentar tahunya. Tepung kanjinya diaduk bersama garam dan Masako sapi. Tambahkan air dan aduk rata. Jika sudah siapkan Teflon dan ambil 1 sendok makan dan cetak. Tambahkan tahu pedas ke atas cilungnya.

Gulung dengan tusukkan sate. Pastikan tahu sudah menempel dengan baik di adonan cilung yang sedang dimasak agar tidak terlepas Ketika proses penggulungan. Maka tahunya dimasukkan Ketika adonannya hampir matang. Anda masukkan Ketika adonan masih jadi cairan juga tidak apa-apa karena nanti menempel tahunya.

No comments for "Cara Membuat Cilung Enak Dengan Isian Spesial"


=> CLOSE ADS KLIK 2X <=