Berikut Keutamaan Membaca Surat Al-Fil, Simak!

Berikut Keutamaan Membaca Surat Al-Fil, Simak! - Surat Al-Fil merupakan surat ke-105 dalam Al-Qur’an, dimana surat ini menceritakan tentang pasukan gajah yang dipimpun oleh penguasa Yaman yaitu Abrahah bertujuan untuk menghancurkan Ka’bah.

Tetapi aksinya tersebut gagal karena Allah mengirim burung-burung yang membawa batu dari neraka lalu menyerang pasukan gajah tersebut. Begitulah singkatnya kisah dari surat Al-Fil tersebut.

Tetapi tahukah kalian bahwa, surat Al Fil memiliki keutamaan ketika dibaca? Tentu saja, semua surat dalam Al-Qur’an memiliki keutamaan. Maka dari itu kali ini kami akan memberikan informasi seputar keutamaan membaca surat Al-Fil. Bagi kamu yang penasaran, simak ulasannya sebagai berikut.



Bacaan dan Terjemahan Surat Al-Fil

1.a lam tara kaifa fa'ala rabbuka bi`aṣ-ḥābil-fīl

Artinya : Tidakkah engkau (Muhammad) perhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap pasukan bergajah?

2. a lam yaj'al kaidahum fī taḍlīl

Artinya : Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia?

3. wa arsala 'alaihim ṭairan abābīl

Artinya : dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong,

4. tarmīhim biḥijāratim min sijjīl               

Artinya : yang melempari mereka dengan batu dari tanah liat yang dibakar,

5. fa ja'alahum ka'aṣfim ma`kụl

Artinya : sehingga mereka dijadikan-Nya seperti daun-daun yang dimakan (ulat).

Keutamaan Membaca Surat Al Fil

Tentu dalam setiap surat memiliki keutamaannya masing-masing ketika dibacakan. Nah untuk surat Al Fil sendiri, jika dibacakan seratus kali maka terlihat sesuatu yang mengherankan bagi musuh dan orang yang iri hati. Maka dari itu surat Al Fil baik dibaca untuk orang yang memiliki musuh dan sifat yang hasud.

Selain itu ketika surah Al-Fil dibaca bersamaan dengan surah Al-Insyirah seusai melakukan sholat Subuh tepatnya pada rakaat pertama setelah selesai membaca surah Al-Fatihah maka tidak ada tangan jahat yang dapat menjamah orang yang mengamalkannya.

Bisa dibayangkan ketika kita hendak berangkat untuk beraktivitas di pagi hari seperti bekerja, menuntut ilmu dan lainnya. Kita sudah terlindungi oleh Allah SWT karena mengamalkan hal tersebut, untuk itu kita dapat dengan tenang menjalani aktivitas.

Tetpai perlu diketahui bahwa istiqamah adalah kunci dari ibadah, sebab jika kita malas-malasan untuk mengamalkannya. Maka kita juga tidak akan mendapatkan perlindungan yang maksimal dari Allah SWT. Selain itu kita juga perlu mudawaah atau terus menerus melakukannya, jangan pernah lelah dan lalai sebab kita tidak benar-benar tahu siapa orang yang memiliki sifat hasud terhadap kita.

Sedang dibaca ketika dalam pertempuran saja Insya Allah musuh-musuh akan dibuat segan dan ketakutan, apalagi kita mengamalkannya untuk beraktivitas seperti bekerja, menuntut ilmu dan sebagainya.

Namun pertemputan yang dimaksud di hari ini bukanlah pertempuran darah, melainkan sifat iri dengki terhadap kita. Banyak pula kejahatan-kejahatan yang dapat sewaktu-waktu mengancam keselamatan kita, maka dari itu jangan anggap bahwa surah Al Fil hanya diamalkan untuk bertempur saja.

Surah Al Fil sendiri diturunkan ketika pasukan gajah yang dipimpin oleh Abrahah dari Yaman, memutuskan untuk menyerang Makkah untuk menghancurkan Ka’bah. Pasukan tersebut memiliki jumlah pasukan yang besar, sehingga orang-orang Arab tidak berani melawanya dan lebih memutuskan untuk pergi ke atas bukit.

Tetapi pertolongan Allah SWT datang lewat burung-burung yang dikirim untuk menghancurkan pasukan tersebut dengan membawa batu kerikil panas dari neraka. Hal itu membuat pasukan gajah binasa dan kocar-kacir. Maka dari itu surah ini dapat diamalkan untuk orang-orang yang memusuhi kita.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan seputar agama Islam, terimakasih.

No comments for "Berikut Keutamaan Membaca Surat Al-Fil, Simak!"