Berikut Ini Cara Mengecek Nomor NPWP Pribadi Dengan Mudah

Berikut Ini Cara Mengecek Nomor NPWP Pribadi Dengan Mudah - Di dalam perundang-undangan yang berlaku, setiap orang yang memiliki penghasilan, wajib untuk memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Walaupun demikian, terkadang banyak orang yang lupa sehingga harus mengecek ulang NPWP miliknya itu.

Di dalam kartu NPWP tersebut tercantum nomor penting yang sangat bermanfaat untuk melapor SPT tahunan, memeriksa status pajak, dan mengetahui data seseorang secara lengkap.

Guna memastikan status NPWP yang dimiliki, anda bisa cek NPWP pribadi anda secara berkala. Lalu bagaimana caranya? Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini akan mencoba untuk membahas bagaimana cara cek NPWP pribadi sebagai berikut :


Cek Nomor NPWP Melalui Aplikasi DJP

Perlu diketahui bahwa anda bisa membuat NPWP secara online melalui situs resmi DJP. Bukan hanya melalui website saja, DJP juga memiliki sebuah aplikasi yang bisa anda download di smartphone Android maupun iOS.

Dengan menggunakan aplikasi ini, anda bisa mengecek nomor NPWP dengan mudah. Adapun caranya yaitu sebagai berikut :

  • Pertama anda masuk ke dalam aplikasi DJP dengan menggunakan akun yang sama saat anda mendaftar di website
  • Lalu buka dashboard yang ada di halaman web.
  • Kemudian cek apakah nomor NPWP dan identitas lainnya tertera disana. Jika tidak ada, itu artinya nomor NPWP anda belum aktif. Untuk meminta konfirmasi anda diharuskan datang ke kantor pajak.

Cek Nomor NPWP Melalui Website Resmi

Selain menggunakan aplikasi yang bisa anda download di smartphone, anda juga bisa langsung klik situs pajak resmi untuk mengecek nomor NPWP pribadi anda. Untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkahnya :

  •  Langkah yang pertama isi kolom NPWP secara lengkap dan benar.
  • Lalu tunggu beberapa detik ketika pointer mouse berpindah ke kolom email.
  • Apabila nomor NPWP anda masih aktif, maka nomor serta identitas lainnya akan muncul secara otomatis.
  • Jika tidak muncul, itu artinya NPWP yang anda miliki belum atau sudah tidak aktif. Oleh karena itu, anda harus segera mendatangi kantor pajak terdekat guna meminta konfirmasi.

Cek Nomor NPWP Melalui Kring Pajak (1500200)

Cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk mengecek NPWP adalah melalui Kring Pajak di 1500200. Nomor ini merupakan hotline resmi perpajakan yang bisa anda hubungi selama 24 jam nonstop.

Anda jangan khawatir dengan keamanan data privasi anda. Sebab, program yang sudah dirilis sejak tahun 2012 ini menjamin keamanan dan kerahasiaan data para nasabah dengan operator pajak.

Selain itu, para operator pajak tersebut merupakan ahli di bidang perpajakan, sehingga mereka dapat memberikan solusi yang akurat untuk tiap pertanyaan anda.

Cek Nomor NPWP di Kantor Pajak

Apabila anda ingin menyelesaikan masalah yang terkait NPWP dengan cepat, anda bisa langsung mendatangai kantor pajak terdekat atau sesuai dengan domisili KTP yang anda miliki. Caranya juga sangat mudah, anda hanya perlu membawa KTP asli sesuai dengan data di NPWP.

Apabila anda ingin memeriksa nomor NPWP badan/perusahaan, anda diharuskan membawa Akta Perusahaan atau Instansi yang disertai Surat Kuasa jika anda bukan direktur dari perusahaan tersebut.

Surat kuasa tersebut sangat dibutuhkan supaya petugas pajak bisa melakukan validasi serta memberikan informasi dari NPWP. Selain itu, proses pengecekan nomor NPWP juga tidak memakan waktu yang lama. Apablila data sudah lengkap, para petugas pajak akan memvalidasi data anda dengan cepat.

 

No comments for "Berikut Ini Cara Mengecek Nomor NPWP Pribadi Dengan Mudah"