2 Jenis Sambungan Pipa Baja yang Wajib Diketahui!

 

2 Jenis Sambungan Pipa Baja yang Wajib Diketahui! - Sambungan pipa (pipe fitting) seperti sambungan pipa t, misalnya, merupakan alat yang digunakan untuk menyambung dua buah pipa hingga lebih. Biasanya, sambungan pipa yang kerap digunakan untuk menyambungkan pipa aliran air ini adalah reducer, tee stuck, elbow, socket, nipple, penutup, dan lainnya.

Namun, untuk beberapa jenis sambungan ini umumnya dimanfaatkan pada pipa yang terbuat dari bahan Polyvinyl Chloride. Sedangkan, untuk pipa berbahan baja, maka terdapat dua jenis sambungan pipa yang seringkali digunakan, di antaranya adalah sebagai berikut:

Welded Component.

Salah satu jenis sambungan pipa baja tersebut adalah welded component. Welded component sendiri merupakan jenis sambungan pipa yang disambung dengan cara di las atau welding sehingga sambungannya menjadi lebih kokoh, kuat, dan tidak akan mudah lepas maupun terbuka setelah dipasang. Umumnya, jenis sambungan ini dipasang pada main line pipe dan terdiri atas dua jenis sambungan, misalnya:

  • Butt welded component. Sambungan pipa yang proses pengelasannya langsung pada bagian butt dari fitting dan pipa.  
  • Socket welded component. Jenis sambungan pipa yang cara pemasangannya adalah memasukkan socket fitting pada bagian pipa, lalu baru kemudian dilakukan pengelasan pada fillet pipa yang mempertemukan fitting dan pipa.

Threaded Component.

Sama dengan welded component, sambungan pipa jenis threaded component ini pun kerap digunakan untuk menyambungkan pipa jenis baja. Di mana, cara penyambungannya adalah menggunakan metode ulir. Dengan metode seperti ini, maka nantinya pipa bisa dilepas kembali. 

Di samping itu, dengan memanfaatkan metode satu ini akan semakin memudahkan dalam proses maintanance pipa. Biasanya, sambungan pipa jenis ini seringkali digunakan untuk perpipaan pada perhotelan, compressor, mesin, dan lain sebagainya. Untuk jenisnya sendiri pipa ini terdiri dari beberapa jenis, seperti:

  • Union
  • Bush
  • Cross
  • 450 Elbow

Itulah dia dua jenis sambungan pipa yang seringkali digunakan untuk menyambungkan pipa jenis baja. Namun, selain dua jenis sambungan di atas, terdapat beberapa jenis sambungan lainnya seperti cap, concentric reducer, concentric tee, coupling, reducing tes, equal tee, half coupling, union, dan lainnya. Semoga bermanfaat!

No comments for "2 Jenis Sambungan Pipa Baja yang Wajib Diketahui!"

Berlangganan via Email