Tips Cerdik agar Kulkas Tetap Hemat Energi

Tips Cerdik agar Kulkas Tetap Hemat Energi


Tips Cerdik agar Kulkas Tetap Hemat Energi - Penggunaan kulkas seringkali membuat rumah tangga terbebani oleh biaya listrik yang cukup besar. Oleh karena itu, kini banyak rumah tangga yang lebih memilih kulkas hemat energy dengan teknologi inverter agar daya listrik yang dikonsumsi lebih sedikit.

Selain menggunakan kulkas yang didesain hemat energi listrik, tentu Anda juga harus mempertimbangkan cara penggunaan kulkas. Cara penggunaan kulkas yang salah secara tidak sadar akan membuat biaya listrik meningkat.

Tips Cerdas agar Kulkas Tetap Hemat Penggunaan Listrik


1. Membuka pintu kulkas seperlunya saja

Kegiatan membuka tutup pintu kulkas akan membuat kulkas memakan daya semakin besar. Hal ini dapat terjadi terutama pada kulkas yang tidak menggunakan teknologi inverter. Kulkas tanpa teknologi inverter akan membuat kompresornya harus bekerja maksimal ketika udara panas masuk akibat pintu kulkas dibuka. Ketika kompresor ini harus bekerja maksimal, maka serapan daya listrik pun meningkat.

2. Kulkas diisi dengan jumlah barang secukupnya saja

Banyak orang tidak mengira bahwa jumlah makanan dan minuman yang mereka masukkan ke kulkas akan mempengaruhi serapan daya listrik kulkas. Oleh sebab itu, pilahlah makanan apa yang benar-benar butuh untuk dimasukkan ke dalam kulkas. Jangan masukkan semuanya hingga membuat ruangan kulkas terlalu penuh. Selain menyerap banyak daya listrik, kulkas yang terlalu penuh isinya berisiko meningkatkan pertumbuhan bakteri di dalam kulkas.

3. Jangan selalu menyetel kulkas dengan suhu rendah

Suhu kulkas dapat Anda atur sesuai dengan kebutuhan penyimpanan makanan. Apabila Anda hanya menyimpan makanan biasa yang tidak mudah rusak, maka tidak perlu menyetel suhu kulkas terlalu rendah atau freeze. Setel di suhu dingin namun tidak perlu terlalu rendah. Suhu yang terlalu rendah akan membuat serapan listrik semakin tinggi.

4. Menggunakan lemari es hemat energi

Anda juga sebaiknya menggunakan lemari es yang tidak menyerap banyak energi. Salah satunya adalah lemari es Panasonic hemat energi danlistrik dari Panasonic Prime Fresh NRBB211Q yang dilengkapi oleh teknologi inverter. Teknologi inverter pada kompresor akan membuat kompresor bekerja sesuai kebutuhan. Alhasil, pemakaian daya listrik pun berkurang.



Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

JalanJalin