Siap Hadapi Haid Dengan Berpikir Positif, Dijamin Cemasmu Berkurang!

Siap Hadapi Haid Dengan Berpikir Positif, Dijamin Cemasmu Berkurang!

Siap Hadapi Haid Dengan Berpikir Positif, Dijamin Cemasmu Berkurang! - Abad 21 ini, para ahli tidak memiliki alasan pasti dibalik gejala dan kondisi pramenstruasi. Tetapi sebagian besar percaya bahwa gejala PMS, termasuk kecemasan, datang sebagai respons terhadap perubahan kadar estrogen dan progesteron. Kadar hormon reproduksi ini naik dan turun secara dramatis selama fase luteal menstruasi.



Pada dasarnya, tubuh anda bersiap untuk kehamilan dengan meningkatkan produksi hormon setelah ovulasi. Tetapi jika telur tidak ditanamkan, kadar hormon itu turun dan anda mendapat menstruasi. Naik turunnya hormon ini dapat memengaruhi neurotransmiter di otak anda, seperti serotonin dan dopamin, yang berhubungan dengan pengaturan suasana hati.

Hal ini dapat menjelaskan gejala psikologis, seperti kecemasan, depresi, dan perubahan suasana hati, yang terjadi selama PMS. Tidak jelas mengapa PMS menimpa beberapa orang lebih parah daripada yang lain. Tetapi beberapa orang mungkin lebih sensitif terhadap fluktuasi hormon daripada yang lain, mungkin karena faktor genetika.

Jika anda belum menyadarinya, stres dan jadwal menstruasi seperti kedua anak yang berdebat di taman bermain: Mereka tidak bermain bersama dengan baik.

Stres mengacaukan pola hormon anda, dan dapat meroket kortisol tubuh anda (hormon steroid yang pada dasarnya memiliki tangan dalam berbagai proses internal) tingkat ke ketinggian baru. Ketika ini terjadi, kortisol menekan ovulasi, yang dapat menyebabkan menstruasi yang terlewat atau pendarahan yang tertunda.

Tetapi karena ovulasi ditahan, periode yang terlambat akibat stres sebenarnya bisa "lebih banyak dari pendarahan terobosan." Karena tubuh anda tidak mengalami ovulasi, itu bukan periode fisiologis yang sebenarnya; itu hanyalah lapisan uterus yang keluar setelah penumpukan.

Solusinya adalah anda mungkin bisa melakukan pencatatan pada siklus haid anda. Sehingga anda bisa mendapatkan ide yang lebih baik tentang apa yang paling efektif dan apa yang bisa anda persiapkan.

Adanya pencatatan bisa mempersiapkan anda menghadapi haid, bersiap melawan nyeri dengan pereda nyeri haid yang sudah anda stok sebelumnya, menyiapkan persediaan heater pads dari ifreeindonesia.com serta menjaga pola makan anda demi mengurangi kram. Kuncinya adalah pikirkan hal positif dan tetap tenang hadapi haid.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

JalanJalin