Cara Merawat Kulit Bayi

Cara Merawat Kulit Bayi


Cara Merawat Kulit Bayi, Kulit bayi cenderung bersifat sensitif, sehingga harus Anda perhatikan dan rawat dengan baik dan benar. Hal itu mulai dari penggunaan sabun mandi, bedak, hingga sampo. Anda bisa memulainya dengan memperhatikan penggunaan sabun bayi anti iritasi yang aman dan baik. Mengingat kulit bayi juga mudah terkena iritasi, khususnya pada bagian yang tubuh yang sensitive seperti pangkal paha.

Cara Merawat Kulit Bayi yang Baik



Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk merawat kulit bayi, terlebih bayi yang baru lahir. Berikut adalah beberapa cara merawat kulit bayi agar tetap sehat dan terhindar dari iritasi:
1.     Mandikan bayi dengan air hangat

Air hangat memang bisa memberikan efek segar dan nyaman bagi kulit bayi. Namun, sebagai catatan air tersebut tidak boleh terlalu panas, sehingga harus Anda coba terlebih dahulu agar tingkat kehangatannya tepat.

Gunakan sabun mandi khusus bayi

Kulit bayi tentu sangat berbeda dengan kulit orang dewasa, karena itu harus menggunakan sabun mandi khusus bayi. Sebaiknya gunakan sabun yang mengandung Ph seimbang dan aman untuk bayi. Terlebih jika bayi mengalami iritasi pada bagian tertentu, sehingga Anda harus memberinya sabun khusus kulit bayi sensitif.

Berikan bedak khusus bayi

Bayi dan bahkan anak-anak masih sangat terbiasa menggunakan bedak. Begitu pula bayi harus diberikan bedak khusus agar kulit tetap lembab, sehat, dan terhindar dari bahaya iritasi. Biasanya ada pula bedak khusus wajah dan tubuh sendiri. Sebab, kulit pada kedua badan tersebut mempunyai sifat yang berbeda.

Hindarkan bayi dari paparan sinar matahari langsung

Tentu saja sinar matahari sangat berbahaya, terlebih bagi kulit bayi yang masih sensitif. Karena itu, Anda harus menghindarkan bayi dari sinar matahari secara langsung yang bisa merusak jaringan kulit bayi. Tidak ada salahnya Anda melindunginya dengan cara memberikan body lotion khusus bayi yang berbahan alami.

Sebagai pengecualian, sinar matahari pagi hari justru baik dan dianjurkan untuk kesehatan kulit bayi. Hal itu mengingat cahaya matahari saat pagi mengandung banyak vitamin D secara alami.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

JalanJalin