Jenis Luka Bakar dan Perawatannya

Jenis Luka Bakar dan Perawatannya


Jenis Luka Bakar dan Perawatannya - Kebanyakan luka bakar adalah luka bakar ringan yang terjadi di rumah ataupun tempat kerja. Hampir semua orang pernah terkena luka bakar ringan akibat terkena air panas, setrika panas, atau menyentuh wajan yang panas. Kalau mengalami luka bakar ringan seperti contoh-contoh tersebut, Kamu bisa melakukan perawatan di rumah untuk mencegah infeksi. 



Ada banyak jenis luka bakar, seperti, Luka bakar termal yaitu luka bakar yang disebabkan oleh api, uap, ataupun cairan mendidih. Luka bakar melepuh adalah luka bakar yang paling umum pada anak-anak dan orang dewasa, penggunaan salep untuk lukabakar menjadi solusi, namun alangkah lebih baik anda mengetahui jenis-jenis luka bakar dan cara menanganinya.

Luka bakar setrum, luka bakar yang disebabkan oleh kontak langsung dengan sumber listrik atau kilat. Luka bakar akibat zat kimia, luka bakar yang disebabkan oleh kontak langsung dengan zat kimia rumahan atau industri, baik dalam bentuk cairan, padat, atau gas. Luka bakar radiasi, luka bakar yang disebabkan oleh sinar matahari, alat tanning (menggelapkan) kulit, x-ray, atau terapi radiasi untuk pengobatan kanker. 

Luka bakar gesekan, luka bakar yang diakibatkan oleh kontak dengan permukaan keras, seperti ketika kulit terseret di aspal atau karpet. Biasanya, luka bakar jenis ini dampaknya adalah goresan ataupun lecet pada kulit. Luka bakar jenis ini paling sering terjadi pada atlet.

Luka bakar biasanya melukai lapisan kulit dan juga dapat melukai bagian tubuh lainnya, seperti otot, pembuluh darah, saraf, paru-paru, dan mata. Luka bakar dibagi menjadi luka bakar tingkat 1, tingkat 2, tingkat 3, dan tingkat 4, berdasarkan seberapa banyak lapisan dan jaringan kulit yang terbakar. Semakin dalam dan banyak terbakarnya, semakin serius juga dampaknya. Luka bakar tingkat 1 luka bakar pada lapisan pertama kulit. 

Luka bakar tingkat 2 terbagi menjadi 2, yaitu luka bakar parsial superfisial (melukai lapisan 1 dan 2 kulit) dan luka bakar ketebalan parsial (melukai hingga lapisan kulit yang lebih dalam), anda bisa mengetahui berbagai tips seputar luka bakar di website https://www.guesehat.com/ , untuk referensi bagi anda.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment