Cara Membedakan Kontraksi Palsu dengan Kontraksi Asli

Cara Membedakan Kontraksi Palsu dengan Kontraksi Asli


Cara Membedakan Kontraksi Palsu dengan Kontraksi Asli - Ketika perkembangan janin 19 minggu, maka Anda perlu mulai melakukan persiapan untuk menjalani proses persalinan. Ya, persalinan perlu dipersiapkan secara matang mengingat proses persalinan tidak dapat dilakukan secara mudah dan Anda perlu mempersiapkannya sebaik mungkin. 

Selain itu, proses persalinan juga merupakan proses hidup dan mati seorang ibu untuk menyelamatkan anaknya sehingga seorang ibu perlu mempersiapkan persalinannya sebaik mungkin. Salah satu hal yang perlu Anda persiapkan yakni membedakan perbedaan antara kontraksi asli dengan kontraksi palsu (Braxton Hicks).



Braxton Hicks adalah pengencangan yang terjadi pada perut dan seringkali disalahartikan sebagai kontraksi asli ketika bayi akan keluar. Akan tetapi, proses ini bukanlah pertanda bahwa proses persalinan akan dimulai sehingga Anda perlu mewaspadainya dan mengetahui cara membedakan kontraksi asli dan kontraksi palsu menjelang persalinan. 

Untuk itu, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membedakan kontraksi asli dan kontraksi palsu :

Cari lokasi nyeri

Apabila lokasi nyeri terasa di sekitar perut, maka besar kemungkinan nyeri tersebut adalah kontraksi palsu. Karena, kontraksi asli menjelang persalinan umumnya terjadi mulai dari bawah punggung dan berlanjut ke bagian perut atau dari perut ke  punggung bagian bawah. Oleh karena itu, ketahui lokasi nyeri untuk membedakan mana kontraksi asli dan palsu.

Analisa lokasi nyeri tersebut

Selain mengetahui lokasi nyeri, analisa juga kontraksi yang terjadi di perut Anda. Ketika kontraksi berulang tidak terasa semakin sakit, maka besar kemungkinan hal tersebut adalah kontraksi palsu. Namun, ketika rasa sakit semakin terasa di tiap kontraksinya, maka kemungkinan besar hal tersebut adalah kontraksi asli.

Perhatikan waktu kontraksi

Kontraksi palsu umumnya terjadi tidak dalam waktu yang berdekatan atau secara rutin. Namun, kontraksi asli terjadi dalam waktu yang berdekatan sekitar 15-20 menit dan semakin singkat menjadi 5 menit sekali. Jadi, perhatikan waktu kontraksi untuk membedakan mana yang asli dan palsu.

Perhatikan usia kehamilan

Ketika usia kehamilan Anda belum mencapai 37 minggu, maka Anda dapat bernafas lega karena besar kemungkinan hal tersebut adalah kontraksi palsu. Karena kontraksi asli akan terjadi ketika usia kehamilan telah memasuki usia 37 minggu. Jadi, perhitungkan usia kehamilan untuk membedakan mana kontraksi palsu dan mana yang asli.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment