4 Kriteria Pemasangan Panel Surya sesuai Kondisi Atap

4 Kriteria Pemasangan Panel Surya sesuai Kondisi Atap



Kamu perlu mengetahui berbagai persiapan saat ingin memasang panel surya terbaik agar produksi daya sesuai dengan kebutuhan. Selain itu pemasangan panel yang sesuai akan membuat biaya keluar menjadi lebih efisien. Berikut ini 4 kriteria pemasangan panel surya yang sesuai dengan kondisi atap rumah untuk menghasilkan energi listrik terbaik.

1.      Pemasangan sesuai Arah Atap


Pemasangan panel surya yang merupakan upaya untuk memenuhi listrik kebutuhan masa depan disesuaikan dengan arah atap. Arah yang ideal adalah utara atau selatan jika atap tidak berada pada arah yang ideal maka panel akan dipasang dengan solusi terbaik. Hanya saja kondisinya akan membuat kapasitas produksi listrik dari panel surya akan menurun hingga 8%.

2.      Pemasangan sesuai Tipe Atap


Pemasangan panel akan disesuaikan dengan tipe atap rumah untuk menentukan struktur penyangga panel surya. Bagi atap rumah beton dapat menggunakan rangkaian penyangga yang dipasang menyatu dengan rangka atap rumah. Jika atap rumah kamu menggunakan genteng dengan keramik maka penyangga dipasangkan dengan sambungan.

3.      Pemasangan sesuai Luas Area Atap


Jumlah pemasangan panel surya terbaik akan disesuaikan dengan luasan areal atap yang dimiliki. Perhitungan idealnya yaitu 1 kWp untuk produksi rata-rata 1 kWh listrik dengan luas 2,5 m2. Jasa pemasangan panel akan melakukan observasi detail luas atap untuk menentukan penggunaan panel surya yang diperlukan.

4.      Pemasangan sesuai Derajat Kemiringan Atap


Kemiringan atap rumah berkisar antara 30 hingga 40 derajat dan panel dapat menangkap cahaya matahari dengan kemiringan minimal 5 derajat. Kamu tidak perlu khawatir pemasangan panel surya akan maksimal dengan memastikan ruang pemasangan bebas dari berbagai halangan. Dipastikan panel sura yang dipasang dapat secara langsung menerima cahaya matahari langsung.

Panel surya merupakan solusi listrik kebutuhan masa depan yang bisa digunakan dengan aman tanpa risiko besar. Pilihan panel yang akan digunakan bisa kamu ketahui dengan melakukan konsultasi kepada penyedia jasa pemasangan panel. Pastikan saat pemasangan kebutuhan daya yang diperlukan dapat terpenuhi. Lakukan juga perawatan panel secara rutin agar tetap awet.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

JalanJalin