Mesin Genset Tidak Mau Menyala? Jangan Khawatir, Ini Dia Beberapa Penyebabnya

Mesin Genset Tidak Mau Menyala? Jangan Khawatir, Ini Dia Beberapa Penyebabnya


Saat listrik padam atau sumber listrik sulit didapatkan, maka mencari sumber listrik alternatif jadi solusi yang paling tepat. Sumber listrik alternatif bisa didapatkan melalui banyak cara. Anda bisa memanfaatkan cahaya matahari dengan menggunakan solar panel atau yang paling mudah yakni dengan menggunakan genset.



Penggunaan genset jadi pilihan banyak orang saat listrik padam atau kesulitan mendapatkan pasokan listrik karena penggunaannya yang praktis. Anda cukup memiliki mesin genset dan bahan bakar untuk mengalirkan listrik ke rumah atau tempat proyek berlangsung. 

Tapi, terkadang genset yang diharapkan mampu mengalirkan listrik secara praktis justru tidak mau menyala ketika sedang dibutuhkan. Mengapa bisa demikian? Berikut ini beberapa penyebab mesin genset tidak mau menyala :

Jalur bahan bakar tersumbat


Untuk menghidupkan genset, Anda perlu bahan bakar berupa bensin atau solar sesuai dengan mesin yang digunakan. Tanpa bahan bakar, mesin genset tidak akan menyala dan mengalirkan listrik. Seringkali, tidak menyalanya mesin genset disebabkan karena masalah pada bahan bakar tersebut. 

Bukan hanya tangki bahan bakar yang kosong, penyebab lainnya mengapa mesin genset tidak mau menyala yakni karena jalur bahan bakar yang tersumbat sehingga bahan bakar tidak dapat mengalir hingga ke mesin. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memperbaiki jalur bahan bakarnya atau service genset tersebut agar lebih praktis.

Bahan bakar tercampur air


Pengganti tenaga listrik seperti genset sangat vital perannya saat tengah dibutuhkan dalam keadaan genting. Tapi, mesin genset seringkali tidak mau menyala karena bahan bakar yang tercampur air. Kondisi ini kerap kali dijumpai pada genset bermesin diesel dimana air pada minyak solar seringkali terbawa sampai ke injection pump. 

Jika kondisi air sudah melebihi jumlah solarnya, maka mesin tidak akan membakar dengan sempurna hingga akhirnya tidak mau menyala. Hal ini perlu Anda perhatikan dengan baik karena air yang masuk jika dibiarkan akan menimbulkan karat sehingga membuat mesin genset tersebut rusak nantinya.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment