Aneka Produk Kredit Tanpa Jaminan di Berbagai Bank




Salah satu lembaga peminjaman uang di Indonesia yaitu bank telah mengeluarkan produk berupa KTA. KTA ialah kependekan dari Kredit Tanpa Agunan alias pinjaman dana tanpa menggunakan jaminan. Sebagaimana kita tahu bahwa pinjaman dana di suatu lembaga harus dibarengi dengan adanya barang jaminan. 

Umumnya, barang jaminan ini adalah surat-surat berharga seperti akta tanah ataupun kendaraan seperti motor dan mobil. Barang jaminan akan diserahkan pada pihak bank dan ditahan sementara hingga kita berhasil melunasi pinjaman. Jika pinjaman tidak dilunasi dalam waktu yang telah ditetapkan, maka barang jaminan tersebut akan disita oleh pihak bank.

Adanya barang jaminan yang diserahkan ini tentu akan dapat memberatkan. Terutama karena kita tidak dapat menggunakan barang jaminan tersebut selama masa peminjaman karena berada di tangan bank. Karena itulah adanya KTA seakan menjadi solusi bagi siapapun yang hendak mengajukan pinjaman ke bank. Tidak diperlukannya barang jaminan membuat persyaratan yang harus dilengkapi menjadi lebih mudah. 

Peminjam juga akan diringankan bebannya dengan tidak adanya keharusan untuk menyerahkan barang-barang berharga miliknya sebagai jaminan. Hampir semua bank memiliki produk KTA seperti ini di samping pinjaman dengan agunan. Dari semua produk KTA yang ada, beberapa di antaranya adalah yang terbaik karena menawarkan proses cepat. Berikut adalah daftarnya.

1. Permata KTA Speed

Pinjaman uang di sini terbilang sangat cepat, bahkan sama halnya seperti monilyid pinjaman uang online karena akan disetujui dalam waktu satu hari setelah aplikasi lengkap diterima oleh pihak bank. Biaya di muka ialah sebesar 1.5 persen dari total pinjaman dan biaya minimumnya Rp150.000. 

Keunggulan yang ditawarkan antara lain adalah cashback Rp250.000 untuk pinjaman minimal Rp25 juta. Biaya keterlambatan pembayaran yang harus dibayarkan ialah 5% dari angsuran bulanan, sementara bunga untuk profesional dan wiraswasta sebesar 1.79% per bulan.

2. Dana Bantuan Sahabat

Pinjaman di sini akan disetujui dalam waktu dua hari pasca diterimanya aplikasi lengkap. Biaya muka cukup rendah yaitu hanya 1.75% dari total dan biaya tambahan Rp399.000 di tahun pertama, serta Rp65.000 di tahun kedua dan seterusnya. Biaya keterlambatan pembayaran ialah sebesar Rp250.000, dan salah satu syarat peminjaman ialah tempat kerja kita harus memiliki nomor telepon fixline.

3. Dana Cinta Bank

Pinjaman yang berasal dari Bank Chinatrust Commercial Bank atau CTBC Indonesia akan disetujui tiga hari setelah aplikasi lengkapnya diteirma. Produk ini bahkan tidak memberlakukan biaya di awal, akan tetapi biaya keterlambatannya cukup tinggi yaitu 5% dari total tertunggak. Syarat peminjaman termasuk harus memiliki kartu kredit serta batas pinjaman maksimal ialah 8x penghasilan bulanan.

4. BNI Fleksi

Pinjaman di BNI Fleksi akan disetujui dalam waktu dua minggu atau 14 hari kerja pasca aplikasi lengkapnya diterima. Walau cukup lama, namun biaya di muka cukup rendah yaitu hanya 1% saja. Biaya administrasi yang ditetapkan ialah Rp100.000 dan bunganya juga cukup rendah, yaitu 1.22% per bulan. Syarat yang harus dipenuhi termasuk pendapatan minimal serta hanya diperuntukkan bagi nasabah Payroll BNI.

5. KTA Standard Chartered

Pinjaman KTA di Standard Chartered akan disetujui dalam waktu tiga hari kerja setelah aplikasi lengkapnya diterima. Biaya di muka yang harus dibayarkan ialah 3.5% dari total pinjamans erta terdapat pula biaya tahunan sebesar Rp150.000. Syarat untuk peminjam antara lain adalah memiliki kartu kredit minimal satu tahun dan limit minimum Rp8 juta. 

Metode pembayaran ialah melalui ATM ataupun Teller Standard Chartered maupun jaringan ATM Bersama. Biaya keterlambatannya cukup besar yaitu 6% dari jumlah taginan bulanan. Syarat peminjaman termasuk slip gaji asli selama 2 bulan terakhir dan kartu kredit yang limit minimalnya Rp6 juta.

6. Pinjaman Tanpa Agunan (PITA) MayBank

Pinjaman di MayBank ini akan disetujui dalam waktu 14 hari kerja setelah pihak bank menerima aplikasi lengkapnya. Biaya di muka hanya 2.5% khusus nasabah payroll serta 3.5% khusus nasabah non-payroll. Biaya keterlambatan yang harus dibayarkan ialah 5% dari total tunggakan serta denda keterlambatan Rp100.000.

7. KTA Bank Mandiri

Produk KTA dari Bank Mandiri juga termasuk KTA unggulan yang dapat kita manfaatkan. Pinjaman akan disetujui dalam waktu 10 hari kerja setelah penyerahan aplikasi lengkap. Keunggulannya adalah syarat yang mudah, yaitu pendapatan minimal per bulan Rp2.500.000 khusus nasabah payroll. 

Jangka waktu pinjamannya hingga 5 tahun dan suku bunganya hanya 0.6% per bulan, juga khusus nasabah payroll serta karyawan dari perusahaan yang terafiliasi dengan Bank Mandiri. Dari segi biaya, Bank Mandiri turut menggabungkan biaya administrasi, biaya provisi serta asuransi jiwa hingga 3% dari limit kredit.

8. Citi Ready Credit

Produk KTA unggulan lainnya ialah Citi Ready Credit yang dikeluarkan oleh CitiBank. Pinjaman disetujui hanya dalam waktu 10 hari kerja setelah kita menyerahkan dokumen aplikasi lengkap. Fasilitas unggulan yang ditawarkan Citi Ready Credit ialah bebas biaya administrasi serta biaya di muka. 

Limit kredit juga dapat ditingkatkan dalam periode pinjaman. Penarikan tunai dapat dilakukan melalui ATM BCA, ATM Citibank hingga ATM PLUS. Syarat utamanya ialah pendapatan tahunan minimal Rp60 juta per tahun atau sama dengan Rp5 juta per bulan.

9. Permata Cross Sell

Produk KTA lain dari Bank Permata selain KTA Speed ialah Cross Sell. Pinjaman di sini akan disetujui hanya dalam waktu 14 hari kerja setelah aplikasi lengkap. Walau cukup lama, namun biaya di mukanya cukup rendah, yaitu hanya 1.5% dari total pinjaman serta biaya minimum Rp150.000 saja. 

Biaya keterlambatan yang harus dibayarkan ialah 5% dari angsuran bulanan. Syarat yang harus dipenuhi di antaranya adalah memiliki kartu kredit Permata selama minimal 9 bulan.

10. Permata KTA Reguler

Masih ada lagi produk KTA dari Bank Permata, kali ini adalah Permata KTA Reguler. Pinjaman akan disetujui dalam waktu 14 hari kerja dan hanya menerapkan biaya muka sebesar 1.5% dari total pinjaman. 

Biaya keterlambatan yang dibebankan ialah 5% dari angsuran bulanan dan syarat yang harus dipenuhi di antaranya adalah minimal satu tahun keanggotaan kartu kredit. Bunga khusus nasabah payroll ialah 1.59% per bulan dan nasabah non-payroll sebesar 1.79% per bulan.

Demikian adalah aneka produk KTA dari berbagai bank yang dapat kita manfaatkan. Selain aneka produk di atas, masih ada lagi pinjaman online di Pinjaman24.id yang juga bisa kita gunakan. Yang pasti, Kredit Tanpa Agunan tersebut akan jadi solusi bagi masalah finansial, terutama apabila kita membutuhkan dana dalam waktu cepat dan jumlah tertentu. 

Yang harus diperhatikan dari pengajuan KTA ialah angsuran pembayaran tiap bulan. Jangan sampai telat mengangsur pinjaman KTA agar kita tidak dibebani biaya keterlambatan di samping bunga serta angsurannya sendiri.

No comments for "Aneka Produk Kredit Tanpa Jaminan di Berbagai Bank"

Berlangganan via Email