Saturday, October 8, 2016

Cara Menulis Berita Dengan Benar

Menulis berita merupakan suatu upaya atau cara yang bisa kita lakukan untuk menyampaikan fakta atau sebuah gosip tentang sesuatu hal atau kejadian pada bentuk tertulis.

Seseorang penulis yang baik dapat menuliskan sebuah informasi lengkap serta komunikatif, sehingga pembaca info dapat tahu segala sesuatu yg disampaikan dalam informasi tanpa kesulitan serta tanpa adanya kesalahan tafsir.

Apakah semua peristiwa bisa atau layak untuk dijadikan sebuah berita? Seseorang penulis akan menentukan mana peristiwa atau tentang yang layak untuk dijadikan berita.

Hal ini bertujuan supaya apa yg dituliskan benar berguna bagi orang atau warga  pembaca. Apakah kalian pula demikian? Tentu dalam menulis info, kalian wajib  dapat memilih info yg dapat menambah wawasan dan  pengetahuan.

Karena berita ialah reportase (laporan) peristiwa yang bersifat keterangan ataupun opini yg aktual menarik serta krusial. Berita yang baik haruslah memperhatikan unsur-unsur penyusunan info yang tak jarang disebut menggunakan 5W + 1H.



Unsur-unsur berita

Beita yg baik wajib  memperhatikan rumus 5W + 1H, yaitu:

1. What Atau apa ?
Adalah peristiwa apa yang terjadi?
2. Who Atau siapa?
Adalah siapa orang yg terlibat dalam peristiwa itu ? 
3. Where Atau  di mana?
Adalah pada mana terjadi insiden itu ? 
4. When Atau  kapan ?
Adalah kapan terjadi insiden itu ? 
5. Why Atau mengapa?
Adalah mengapa mampu terjadi ?
6. How Atau bagaima?
Adalah bagaimana insiden itu berlangsung?

Akan tetapi pada dasarnya dari rumus-rumus tadi kita bisa menilai isu yang kita baca atau dengarkan dari media masa. Bila keenam pertanyaan tadi dapat kita temukan jawabannya dalam sebuah isu, maka merupakan gosip tersebut sudah memenuhi syarat penulisan yg baik. Sebaliknya Bila keenam unsur tersebut tidak lengkap, maka merupakan berita tersebut kurang mampu memberikan isu yg lengkap bagi kita. Walaupun permanen saja laporannya diklaim menjadi gosip.

Contoh :
Apa?
Lomba dalam rangkah HUT kemerdekaan Indonesia
Dimana?
Semarang
Kapan?
17 Agustus 2015, jam 10 pagi
Siapa?
Masyarakat Semarang dan sekitarnya
Mengapa?
Untuk memperingkati kemerdekaan Indonesia
Bagaimana?
Masyarakat menyambut baik dengan diadakanya lomba dalam rangka memperingkati HUT Kemerdekaan RI, peserta lomba terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa
Maka beritanya bisa ditulis sebagai berikut
Selasa, 17 Agustus 2015, jam 10 pagi diadakan lomba dakam rangka menyambut HUT kemerdekaan RI di daerah semarang dan sekitarnya, lomba yang diadakan di semarang itu diiukt oleh masyarakat semarang dan sekitarnya. Masyarakat menyambut baik dengan diadakanya lomba dalam rangka memperingkati HUT Kemerdekaan RI, peserta lomba terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa.

Artikel ini semoga bermanfaat bagi kawan kawan. Berikan ulasan yang baik ya.


Seorang INTROVERT yang Menyukai Dunia Blogging Di akhir tahun 2015 samapi dengan sekarang, yang sedang Belajar  Mengenal Dunia Blogging dan Harapan Ingin Menjadi Seorang "Blogger Profesional & Blogger Preneur". (23/8 bangoji.net)

Silahkan Berikan Komentar Relevan Untuk Artikel Ini
¤ Tidak Nyepam
¤ Tidak Promosi
¤ Tidak Menyematkan Link Aktif

Akan dihapus Spam, Promosi dan Link Aktif

*Diperbolehkan Untuk Diskusi dan Sharing Dikolom Komentar
EmoticonEmoticon