Cek Perkembangan Anak pada usia 2 tahun untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangannya

Cek Perkembangan Anak pada usia 2 tahun untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangannya - Di setiap pertembahan usianya, anak-anak akan mengalami tumbuh kembang yang berbeda-beda. Misalnya saja pada saat berusia 2 tahun, otaknya telah memiliki saraf yang membentuk hubungan dengan jumlah yang tidak terhitung. Hal ini menjadikannya lebih memahami beberapa hal yang terjadi di sekitarnya. Cek perkembangan anak secara berkala, mampu membantu Anda menstimulasi si kecil dengan lebih baik sesuai usianya.

Di usia 2 tahun, anak-anak sudah bisa memahami konsep jauh, dekat, di dalam, di luar , di atas, dibawah. Hal ini bisa Anda terapkan dengan menstimulasi si kecil untuk mengambil bola dalam keranjang misalnya. Lalu apa saja perkembangan anak di usia 2 tahun yang perlu Anda ketahui?

Cek perkembangan anak pada usia 2 tahun


1. Perkembangan fisik

Pada usia 2 tahun tentunya anak-anak mulai mengalami perkembangan fisik salah satunya bertumbuh 16 gigi pertama. Namun jumlah ini bisa saja bervariasi pada setiap anak. Perkembangan fisik yang terjadi selain tumbuh gigi yaitu pertambahan tinggi badan, berat badan serta lingkar kepalanya. Umumnya anal di usia 2 tahun akan mempunyai berat badan sekitar 10 sampai 13 kg serta tinggi badan mencapai 84 sampai 89 cm.

2. Perkembangan kognitif dan sensorik

Perkembangan kognitif dan sensorik pada anak usia 2 tahun juga meningkat. Ia telah mampu berbicara meski terbata dengan menggabungkan 2 atau 3 kata. Kosa katanya juga semakin banyak sekitar 300 sampai 500 kata. Sehingga ia mulai bisa berbicara mengenai kebutuhannya.Selain itu, anak Anda juga mulai bisa melepas atau memakai bajunya sendiri, menunjuk objek yang dilihat, mengetahui anggota tubuh serta mengenali anggota keluarganya yang dekat.

3. Perkembangan motorik

Selain mengalami perkembangan kognitif dan sensorik, Anda juga perlu mengetahui perkembangan motorik yang dialami si kecil pada usia 2 tahun. Hal ini bisa mencakup kemampuan berlarinya yang lebih baik. Selain itu, beberapa keterampilan motorik yang bisa ia lakukan yaitu menendang bola, melempar bola, mengambil objek ataupun memutar gagang pintu.

Anda juga mulai bisa mengajarinya toilet training, menyusun blok-blok mainan serta membolak-balikkan buku hingga naik turun tangga dengan berpegangan. Dampingi si kecil dengan baik sambil melatih setiap kemampuannya.

4. Perkembangan emosi

Selain perkembangan fisik, motorik, kognitif dan sensorik, anak usia 2 tahun juga sudah mulai mengalami perkembangan emosi. Maka sangat penting untuk Anda sebagai orang tua mengajarkan untuk mengenali serta mengendalikan emosi dengan bertahap. Di usia ini si kecil mulai dapat meniru apa yang dikatakan atau dilakukan orang yang lebih tua darinya.

Selain itu, si kecil mulai dapat menunjukkan kemandiriannya dengan bermain bersama temannya. Anak usia 2 tahun uga mulai temper tantrum dimana kondisi emosinya meledak-ledak, menendang hingga menjerit-jerit. Hal ini dikarenakan ia belum mampu mengungkapkan hal yang ia rasakan sehingga frustasi. Misalnya saja ketika ia sedang lapar, lelah atau merasa tidak nyaman.

Nah itu tadi 4 perkembangan anak yang terjadi saat berusia 2 tahun. Selalu cek perkembangan anak Anda apabila terjadi suatu masalah pada pertumbuhan dan perkembangannya. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter apabila mendeteksi suatu masalah agar bisa segera melakukan pemeriksaan pada fisik, perilaku atau lainnya. Denga begitu, si kecil bisa segera ditangani dengan baik. Selain itu, Anda sebagai orang tua juga perlu melakukan stimulasi untuk mendorong perkembangan anak di usia 2 tahun.

No comments for "Cek Perkembangan Anak pada usia 2 tahun untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangannya"

Berlangganan via Email