5 Cara Menjaga Paru-paru dengan Mudah

5 Cara Menjaga Paru-paru dengan Mudah - Paru-paru merupakan organ penting yang harus dijaga agar tidak mengalami gangguan kesehatan seperti pneumonia, bronkitis, tuberkulosis dan asma. Ada banyak cara menjaga paru-paru dengan mudah salah satunya yaitu menghindari polusi udaran. Paru-paru sendiri merupakan organ tubuh yang memiliki hubungan dengan sistem pernapasan, dan berfungsi untuk menukar oksigen dengan karbondioksida.



5 Cara Menjaga Paru-paru

Agar proses pernapasan lancar, Anda perlu menjaga paru-paru dengan cara mengubah gaya hidup yang lebih sehat. Terdapat 5 cara menjaga paru-paru dengan mudah yang bisa anda lakukan di antaranya yaitu

1. Tidak Merokok

Jika Anda memiliki kebiasaan merokok sebaiknya hentikan sekarang, karena merokok tidak baik untuk kesehatan, salah satunya kesehatan paru-paru. Hal tersebut dikarenakan asap rokok memiliki kandungan zat kimia yang berbahaya dan dapat merusak paru-paru. Terlebih jika gumpalan asapnya masuk ke dalam paru-paru, makan bisa menimbulkan penyakit obstruktif kronis dan kanker paru-paru.

Sehingga, salah satu cara menjaga kesehatan paru-paru dengan mudah yaitu tidak merokok atau mengurangi jumlah rokok yang dihisap, agar kondisi paru-paru semakin membaik. Hal ini bukan hanya kepada perokok aktif saja melainkan kepada perokok pasif. Artinya, meskipun Anda tidak merokok, tetapi Anda bisa terkena penyakit paru-paru jika terhirup asap rokok.

Bahkan, sejumlah penelitian mengatakan jika perokok pasif lebih berbahaya daripada perokok aktif, lantaran pada umumnya perokok pasif lebih sering menghirup banyak asap dibandingkan dengan perokok aktif. Jika seperti itu, maka sebaiknya Anda menjauh dari tempat atau lingkungan asap rokok.

2. Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Antioksidan

Makanan yang mengandung antioksidan memang memiliki beragam manfaat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk menjaga kesehatan paru-paru. Antioksidan sendiri mempunyai manfaat untuk menjaga sel tubuh penting dari paparan radikal bebas yang berbahaya. Untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan antioksidan kamu bisa mengkonsumsi makanan seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, strawberry dan dark chocolate. Pasalnya hal tersebut juga merupakan makanan untuk kesehatan paru-paru.

3. Rajin Berolahraga

Cara menjaga paru-paru selanjutnya yaitu dengan rajin berolahraga. Pasalnya menurut Medical News today rajin berolahraga bisa meningkatkan kesehatan fisik serta mental. Bukan hanya itu saja olahraga juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit stroke dan jantung juga dapat meningkatkan kualitas sistem pernapasan.

4. Rajin Mencuci Tangan

Meskipun terdengar sepele, rajin mencuci tangan ternyata berpengaruh baik terhadap kesehatan, salah satunya untuk menjaga paru-paru. Pasalnya salah satu penyebab gangguan paru-paru yaitu flu, sehingga dengan menjaga kebersihan tangan maka Anda bisa terhindar dari penyakit yang menyebabkan komplikasi pada paru-paru.

5. Cek Kesehatan Secara Rutin

Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin bisa membantu Anda mengetahui kondisi tubuh. Sehingga apabila terjadi penyakit, Anda bisa langsung mengatasinya sejak dini agar tidak terjadi komplikasi yang lebih parah.

Itulah 5 cara menjaga paru-paru dengan mudah agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Anda juga harus sering mendapatkan informasi mengenai kesehatan untuk menambah wawasan serta membantu Anda menjaga kesehatan, salah satunya melalui halodoc.com.

Halodoc.com. merupakan Aplikasi kesehatan yang menyediakan beragam informasi dan solusi kesehatan terlengkap di Indonesia. Melalui platform ini, Anda bisa mendapatkan beragam keuntungan yang berhubungan dengan kesehatan tubuh termasuk mendapat informasi seputar cara menjaga paru-paru. Pasalnya halodoc.com bukan hanya memberikan informasi tetapi juga menyediakan beragam fitur yang bermanfaat seperti membeli obat, chat dokter, mengunjungi Rumah Sakit dengan mudah, tanya dokter di mana saja dan kapan saja dan lain sebagainya. Tentunya fitur-fitur tersebut sangat baik untuk Anda.

No comments for "5 Cara Menjaga Paru-paru dengan Mudah"

Berlangganan via Email