Macam-Macam Gangguan Menstruasi, Perempuan Wajib Tahu Hal Ini

Macam-Macam Gangguan Menstruasi, Perempuan Wajib Tahu Hal Ini - Banyak sekali gangguan dan penyebab haid tidak lancar. Mulai dari nyeri, depresi hingga volume darah yang tidak normal. Sebagai wanita, sudah seharusnya Anda mengetahui macam-macam gangguan menstruasi agar ke depannya bisa antisipasi. 



Macam-Macam Gangguan Menstruasi, Perlu Diwaspadai 

Sebagai seorang wanita, Anda pasti berharap hari-hari akan tetapberjalan dengan lancar tanpa harus tergannggu dengan sakit saat menstruasi kan. Apalagi jika terlalu parah, akan meningkatkan risiko masalah pada kesuburan. Berikut ini 5 macam gangguan menstruasi yang wajib diwaspadai : 

1. Dismenorea 

Yaitu kondisi dimana wanita mengalami nyeri pada saat haid pada bagian bawah perut, punggung dan paha. Disertai dengan sakit kepala, muntah dan mual. Terjadi akibat tingginya hormon prostaglandin. Jika terlalu parah maka akan mengakibatkan miom pada rahim, radang panggul, bahkan kemungkinan terparahnya kista dan tumor. 

2. Amenorea 

Terdiri dari dua macam yaitu primer dan sekunder. Primer adalah kondisi dimana wanita tidak mengalami haid sama sekali selama 16 tahun. Disebabkan oleh kelainan genetik, gangguan otak dan masalah pada indung telur. 

Sedangkan sekunder adalah orang hamil tetapi tidak pernah mengalami menstruasi sebelumnya. Disebabkan karena penurunan berat badan, stres dan efek samping obat—obatan. 

3. Menorrhagia 

Yaitu keluarnya darah menstruasi yang terlalu banyak sehingga sangat mengganggu aktivitas. Dengan durasi lebih dari 5 hingga 7 hari. Gejalanya adalah mengalami anemia, sesak napas, keluar gumpalan selama lebih dari satu hari dan harus mengganti pembalut setiap jam karena saking banyaknya. 

4. Oligmenorea 

Yaitu gejala seorang wanita yang lama tidak mengalami siklus menstruasi. Intenstitasnya 8 hingga 9 kali dalam setahun. Penyebabnya adalah aktivitas hormon yang tidak stabil. 

5. PMDD 

Dikenal dengan sebutan PMS. Pada tahap ini, wanita akan mengalami perubahan mood secara tiba-tiba, merasa gelisah dan cemas. Beberapa hal yang menyebabkannya adalah penyakit tiroid, keturunan dan jarang berolahraga. 

Namun, apabila gangguan di atas hanya terjadi sesekali maka bisa dikatakan normal. Jika Anda bersedia, carilah cara melancarkan haid agar teratur. Jangan lupa untuk memakai laurier, sahabat paling mengerti saat wanita menstruasi.

No comments for "Macam-Macam Gangguan Menstruasi, Perempuan Wajib Tahu Hal Ini"

Berlangganan via Email