Yuk Cari Tahu Cara Tepat Menyusun SOP

Yuk Cari Tahu Cara Tepat Menyusun SOP


Yuk Cari Tahu Cara Tepat Menyusun SOPSebuah perusahaan sebaiknya memiliki standar yang dapat bermanfaat untuk kemajuan perusahaan. Selain itu, manfaat dengan adanya SOP adalah agar seorang pegawai atau karyawan dapat diberikan kemudahan dalam melaksanakan tugas sehingga sebuah lembaga atau perusahaan dapat berkembang. 



Untuk melaksanakannya maka perusahaan harus tahu bagaimana cara menyusunnya dengan tepat. Oleh sebab itu, simak cara menyusun SOP dengan tepat berikut ini.

Cara Menyusun SOP Dengan Tepat Yang Harus Anda Tahu

1. Pembentukan Panitia Untuk Menyusun apa itu SOP

SOP memiliki fungsi dan tujuan yang sangat penting bagi sebuah perusahaan atau lembaga. Untuk itu, tentunya setiap pegawai harus menyadari dan melaksanakan SOP dengan baik agar menghasilkan hasil yang terbaik dalam menyelesaikan pekerjaan. Untuk itu, ada tahapan pertama yang harus dilakukan sebelum membuat SOP adalah membuat panitia atau tim terlebih dahulu.

Dalam membuat tim, biasanya akan membutuhkan anggota panitia yang terdiri dari 3 -5 orang. Panitia penyusunan tersebut dapat terdiri dari pegawai yang berasal dari berbagai jabatan yang ada di perusahaan tersebut. Seperti pimpinan, kepala bagian staf dan juga karyawan. Penyusun SOP biasanya merupakan orang-orang yang berkompeten di bidangnya. Oleh sebab itu, dibutuhkan orang cerdas dan kreatif di perusahaan tersebut untuk menyusun SOP.

2. Membidik Sasaran yang Tepat Dalam Penerapan SOP

Setelah membentuk panitia, anda akan menyusunnya dan memilih sasaran yang tetap untuk menjalankan SOP tersebut. Setiap SOP yang telah disusun, tentunya memiliki sasaran yang berbeda-beda sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Selain itu, hal ini tentunya akan lebih memudahkan panitia dalam menyusun dan membuat SOP karena telah mengerti nantinya SOP tersebut akan diterapkan pada siapa.

3. Diskusi Dengan Pimpinan

Berdiskusi dengan pimpinan selama membuat SOP adalah hal yang harus dilakukan oleh panitia penyusun SOP. Hal ini bertujuan agar jika terjadi suatu hal yang dirasa kurang oleh pimpinan ataupun ketua lembaga dan organisasi, maka hal tersebut akan dapat segera diberi saran. Serta pemimpin tentnya akan lebih tahu bagaimana proses pembuatan SOP jika tim penyusun sering berdiksusi dan memberikan laporan terhadap pemimpin.

4. Menentukan Tenggat Waktu Penyusunan SOP

Menentukan batas waktu untuk membuat SOP merupakan hal yang sangat diperlukan. Hal itu bertujuan agar panitia penyusunan SOP tidak banyak membuang waktu dan menjadikannya tidak efisien. Oleh sebab itu, pimpinan haruslah memberikan tenggat waktu agar penyusun SOP lebih bersemangat dalam menyelesaikan pembuatan SOP tersebut.

Selain itu, dengan adanya tenggat waktu akan melatih sebuah perusahaan untuk menjadi lebih disiplin. Sehingga nantinya ketika penyusunan SOP telah selesai dikerjakan, maka karyawan akan bisa melaksanakan uji coba dengan tepat waktu. Dan jika terdapat kesalahan, maka akan lebih cepat juga untuk memperbaikinya.

5. Bekerja Sama dengan Pakar SOP

Bekerja sama dengan pakar pembuat SOP adalah suatu cara yang dibutuhkan agar tim penyusun dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik. Untuk itu, jika suatu perusahaan tidak paham betul dengan pembuatan SOP, maka sebaiknya anda menyewa atau menggunakan jasa yang ahli dalam penyusunan SOP. Selain itu, melalui kerja sama dengan pakar SOP akan menambah wawasan dan akan menghasilkan suatu produk SOP yang diharapkan.

Untuk itu, dalam penyusunan SOP sebaiknya anda memikirkan matang-matang dan mempelajari dahulu cara penyusunannya dengan tepat. Dengan itu, tentunya perusahaan anda akan lebih paham bagaimana cara menyusun SOP yang baik dan tepat. Dalam penyusunan SOP, andajuga perlu memperhatikan waktu pelaksanaan dan tempat pelaksanannya sehingga para karyawan yang menerapkan akan lebih mengerti dan memahami.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

JalanJalin