Tips Berhemat Saat Kuliah


Kuliah. Apa yang kamu pikirkan saat mendengarkan kata kuliah? Tentu saja kamu akan membayangkan pergi kuliah pakai baju bebas, pergi bersenang-senang denan teman, bertemu dosen galak, ikut organisasi, dan teringat bahwa kuliah rasanya pasti berbeda dengan SMA. Buat kamu yang sebentar lagi akan kuliah, maka hal-hal itulah yang akan kamu rasakan. 
 
Rasanya pasti akan lebih menyenangkan untuk yang kuliah di luar kota, pergi ke kota baru, bertemu orang baru, dan merasakan suasana baru. Namun perlu diingat, kuliah adalah masa bagimu untuk memikirkan apa tujun hidupmu. Kuliah adalah saatnya kamu berpikir realistis dan dewasa agar siap menghadapi kehidupan setelah kuliah.

Walaupun masih kuliah, namun bukan hidup namanya kalau tidak mulus. Saat kuliah pula kamu akan belajar untuk bertanggung jawab lebih besar daripada sewaktu kamu SMA. Banyak dari teman-teman seperjuanganmu yang mulai tinggal sendiri di kosan, berpisah sementara dari orang tuanya, berangkat kuliah sendiri, cari makan sendiri, membeli kebutuhan sendiri, dan lain sebagainya. 

Pada sasat kamu kuliah pula kamu akan belajar untuk mengatur keuanganmu sendiri. Apalagi untuk mereka yang nge-kos dimana mereka harus bisa mengatur uang bulanan mereka agar tidak kekurangan di akhir bulan. Jangan pesimis dulu! Berikut ini akan kami berikan beberapa tips cara berhemat saat kuliah.

1. Menabung


Menabung memang wajib hukumnya bagi siapa saja, termasuk anak kuliah. Walaupun masih ada orang tua, namun akan lebih baik lagi jika kamu mempunyai tabungan agar bisa mempunyai dana cadangan saat ada sesuatu yang mendadak. Bahkan dari kecil pun kita sudah dianjurkan untuk menabung. Nah, saat kamu kuliah, ini adalah saat yang tepat untuk serius dalam menabung. Memang betul bahwa tidak semua anak kuliah mendapatkan uang saku yang banyak sehingga bisa disisihkan untuk ditabung. 

Bahkan ada juga yang berpikir bahwa untuk keperluan sehari-hari saja pun sudah pas-pasan. Nabung dengan menabunglah maka kamu akan belajar untuk membatasi dirimu dari mengeluarkan uang untuk hal yang tidak perlu. Kamu juga bisa menyisihkan uangmu untuk hal-hal tidak terduga di masa depan kelak. Saat menabung, kamu juga akan belajar untuk lebih terampil lagi dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran dari uangmu sendiri. Jagalah uang sakumu agar tidak besar pasak daripada tiang. 

Pada umumnya, uang saku anak sekolahan dan kuliah sudah habis sebelum mereka diberikan uang saku lagi. Hal ini akan berdampak pada hari-harimu selanjutnya. Kamu akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan utama seperti makan atau membeli bensin. Padahal kebutuhan seperti inilah yang harus kamu utamakan.

2. Buat daftar pengeluaran


Daftar pengeluaran sangat penting bagi kamu yang ingin menabung. Karena itulah dalam membua daftar pengeluaran, sangat penting untuk mengelompokkan jenis-jenis pengeluaran. Biasanya pengeluaran utama mahasiswa dalah membayar yang kos, biaya makan, pulsa, dan biaya kebutuhan lainnya. 

Untuk kebutuhan kuliah pun juga ada yaitu membeli buku dan uang fotokopi serta print. Dan ada juga pengeluaran yang tidak rutin seperti shopping atau hangout dnegan teman. Kamu perlu membuat daftar-daftar pengeluaran dan mengelompokkan mana yang termasuk biaya rutin dan tidak rutin. 

Lalu siapkan amplop untuk membagi uang bulanan kamu sesuai jumlah yang kamu butuhkan untuk memenuhi kebutuhan setiap harinya. Kalau perlu, jangan lupa untuk menyertakan struk di setiap amplop agar kamu tahu kemana uang kamu pergi saat memeriksa pengeluaran kamu lagi.

3. Bawa Bekal


Untuk anak kos, tentu cukup sulit untuk bangun pagi dan menyisihkan waktu untuk menyiapkan bekal. Namun jika kamu rajin membawa bekal, maka kamu akan berhemat lebih banyak. Karena itulah singkirkan pikiran “bangun pagi saja susah, pasti tidak sempat bikin bekal”. Namun percayalah, bawa bekal adalah game changer dalam keuangan kamu. Bawa bekal juga akan membuat kesehatanmu lebih terjamin karena kamu tahu kebersihan dari bahan makananan untuk bekalmu. 

Namun yang lebih terasa tentu saja adalah keuangan kamu. Membawa bekal sendiri tentu akan jauh lebih murah daripada membeli makan. Meskipun kantin kampus menyediakan makanan yang murah, namun tetap lebih murah jika kamu membawa bekal sendiri. 

Awalnya memang akan sulit untuk menyiapkannya, apalagi kamu harus bangun pagi dan masak dulu. Namun jika kamu komitmen dalam menyiapka bekal, pasti lama-lama akan terbiasa. Dan tak terasa tabungan kamu semakin banyak karena hanya mengeluarkan sedikit uang untuk makan.

4. Cari diskon


Manfaatkan status kamu sebagai mahasiswa untuk mencari diskon. Banyak sekali tempat makan atau tempat belanja yang memberikan diskon bagi mahasiswa dan pelajar. Tentunya dengan caara menunjukkan kartu mahasiswa kita. 

Dengan cara inilah maka kamu bisa hangout dan shopping tanpa harus takut mengeluarkan banyak uang. Ini adalah win-win solution dimana kamu bisa bersenang-senang tanpa menjadi miskin.

5. Manfaatkan perpustakaan


Jika perpustakaan di kampus kamu memiliki koleksi buku yang lengkap, maka kamu bisa memanfaatkan fasilitas tersebut. Seringkali dosen kita menyuruh kita untuk mempunyai buku kuliah agar bisa ikut kuliah beliau. Dan ternyata harga buku tersebut tidaklah murah. Jika sudah begitu, maka saatnya kamu pergi ke perpustakaan kampus untuk meminjam buku kuliah tersebut. 

Lalu bagaimana jika buku tersebut tidak ada? Kamu bisa mencari di toko buku bekas. Tentu saja kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Kalau kamu mau yang gratis, kamu bisa meminjam buku tersebut dari kaka tingkat kamu.

6. Part time


Kalau kamu membutuhakn uang saku tambahan, maka kamu bisa mencari kerjaan part time. Apalagi untuk yang sudah mahasiswa akhir dimana waktu kuliahnya lebih luang, tentu kerja part time sangat direkomendasikan. Banyak sekali tawaran kerja part time untuk mahasiswa. Bahkan di sekitaran kampus pun ada beberapa tempat yang menawarkan kerja part time untuk mahasiswa. 

Kamu bisa menjadi kasir di minimarket, penjaga warnet, pelayan di restoran, barista di kafe, copywriter, content writer, atau ojek online. Bahkan kamu juga bisa berbisnis dengan membuka online shop. Intinya, kamu bisa melakukan pekerjaan apa saja yang tidak mengganggu kewajiban kamu. 

Selain menjadi produktif, kamu juga bisa menambah uang saku kamu, lho. Apalagi untuk kamu yang kuliahnya sudah tidak banyak, daripada kamu menganggur, lebih baik manfaatkan waktu kamu sebaik mungkin untuk sesuatu yang berguna.

7. Jangan lupakan kewajiban


Sebenarnya yang ini tidak berhubungan dengan tips berhemat saat kuliah. Namun kewajiban kuliah tetap merupakan hal yang harus kamu utamakan di atas semua itu. Biaya kuliah tidak murah, karena itulah jangan sia-siakan kuliah kamu. Selain rajin datang ke kelas, jangan lupa untuk mencatat materi kuliah dengan benar. 

Jangan sering bolos agar tidak kena cekal dan bisa ikut ujian. Belajar yang rajin agar IPK kamu bagus dan stabil. Dengan rajin kuliah dan rajin belajar, kamu bisa lulus kuliah tepat waktu sehingga orang tua tidak akan membayar uang kuliah lagi.

Kalau kamu sedang mengalami masalah finansial dan butuh kredit cepat, maka kamu bisa hubungi Vivus.

No comments for "Tips Berhemat Saat Kuliah"


=> CLOSE ADS KLIK 2X <=