Monday, September 4, 2017

Danau Sentani Resto Suguhkan Makanan Khas Papua di Dataran Sunda


Source : Pixabay.com
 
Sedang cari tiket pesawat ke Papua? Kamu dapat cari tiket pesawat online di reservasi.com, harga tiket pesawat ke Jayapura berkisar Rp2 jutaan, belum termasuk potongan diskon. Namun, jika belum mendapatkan tiket di tanggal yang sesuai, kamu bisa mengunjungi Bandung.

Pasalnya, di Bandung kamu bisa merasakan The Little Papua terutama kulinernya. Di Jalan Setia budi No 2 A Hegarmanah, terdapat sebuah Resto dengan bangunan bergaya Papua dan menyuguhkan berbagai makanan khas Papua dan juga beberapa makanan nusantara yang ada di Indonesia.

Adalah Danau Sentani Resto. Jika menyebut namanya, mungkin ada beberapa hal yang akan terlintas di benak kamu. Pertama, apakah ada Danau di dalam restonya? Atau kamu langsung teringat dengan Danau Sentani di Jayapura yang terkenal keunikannya karena memiliki 22 pulau di dalamnya.

Keunikan Danau Sentani Resto Bandung


Jika kamu ke Papua apalagi pergi ke Desa tradisionalnya pasti akan melihat rumah khas Papua yang disebut dengan honai. Honai berbentuk kecil dengan atap yang kerucut menggunakan jerami atau ilalang dan tanpa jendela. Rumah honai ini bisa berfungsi menahan dingin.

Nah di Danau Sentani Resto kamu bisa berswa foto dengan latar belakang rumah honai. Honai yang ada di Danau Sentani Resto hanyalah atapnya yang digunakan untuk menutupi meja dan kursi-kursi dari hujan atau terik matahari. Di sekelilingnya dipenuhi oleh tumbuhan-tumbuhan. 

Nampak asri dan udaranya sejuk karena berada di dataran tinggi Kota Bandung. Sedangkan area indoor-nyacocok digunakan untuk kumpul keluarga, reuni karena ukurannya yang cukup luas. Suasananya lebih simple berderet meja dan kursi. Ornamen atau hiasan Indonesia Timur pun terpajang di dinding-dinding ruangan. Sehingga nuansa Papua dapat terasa. 

Apalagi, jika kamu datang saat Sabtu pukul 19.00 hingga 21.00 lagu-lagukhas Indonesia Timur akan diputarkan. Wah… Benar-benar berasa ada di Papua.

Menu dan Harga Danau Sentani Resto Bandung


Jauhnya Papua membuat tidak semua orang dapat mencicipi kuliner atau makanan khasnya. Beberapa makanan khas Papua yang bisa kamu coba di Danau Sentani Resto Bandung yakni menu Bakar Batu, abon gulung dan Papeda.

Menu Bakar Batu biasanya dilakukan di Papua saat makan bersama satu kampung untuk merayakan acara sesuatu. Menu Bakar Batu ini terdiri dari kentang, daging wagyu, talas, jagung di atas hotplate. Dagingnya benar-benar empuk dan gurih!

Yang paling membuat penasaran yakni papeda. Bubur khas Papua dan Maluku yang terbuat dari Sagu. Bentuknya kenyal, bening dan lengket seperti lem. Biasanya disajikan dengan sop ikan bumbu kuning. Harga perporsinya dibandrol Rp150.000,- Jangan dulu kaget karena satu porsi bisa dinikmati untuk empat orang. Meskipun yang tertulis berlaku untuk dua orang.

Cara makannya pun akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan unik jika baru pertama kali. Kamu harus menggunakan sumpit untuk menggulung atau memutar-mutar papeda kemudian tarung di piring. Setelah itu, baru baurkan ikan berkuah kuning. Kamu juga bisa menambahkannya dengan kangkung. Rasakan sensasi seperti jelly, gleser-gleser di tenggorokan dan rasa gurih dari kuah ikannya.

Sedangkan abon gulung biasanya dibawa untuk oleh-oleh. Abon gulung merupakan roti yang digulung dan di dalamnya terdapat abon yang melimpah. Ukurannya pun cukup besar kurang lebih panjangnya kurang lebih 10 cm. Selain makanan khas Papua, kamu pun bisa mencoba makanan khas Manado.

Untuk harganya berkisar dari Rp 10.000 hingga Rp 60.000 sedangkan untuk menu berbagi mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 200.000,-

Cara Menuju Danau Sentani Resto Bandung


Dari pusat Kota Bandung mulai dari Gasibu atau Dago ke Danau Sentani Resto kurang lebih jaraknya 5 kilometer. Jika lancar hanya perlu waktu 15 menit. Dari Gasibu ikuti papan pentunjuk menuju Jalan Dipatiukur. Setelah perempatan Dipatiukur, patokan Mc Donald, lurus kemudian belok kanan ke Jalan Sabuga. 

Hingga dipertigaan belok kiri menuju Jalan Cihampelas kemudian Cipaganti. Jangan ambil Setia budi menuju Lembang tapi ambilah jalan kekanan (putar balik). Danau Sentani Resto berada di sebelah kiri berseberangan dengan Pizza Hut.

Danau Sentani Resto buka dari Senin hingga Minggu, mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB. Jika datang dalam jumlah banyak, kamu bisa melakukan reservasi ke nomor (022) 8778 3878.

Di sekitaran Danau Sentani Resto juga banyak terdapat objek wisata seperti Taman Cikapundung atau Skywalk Ciwalk. Untuk masalah penginapan pun, di daerah Setia budi, Ciumbuleuit atau Hegarmanah bertebaran hotel mulai dari melati hingga hotel berbintang. 

Jika ingin mendapatkan fasilitas yang banyak dan memanjakan diri, kamu bisa mencari dan booking hotel bintang 5 di Bandung. Biasanya hotel bintang 5 bisa kamu temukan di daerah Ciumbuleuit.

Seorang Blogger Pemula sedang Belajar Mengenal Dunia Blogging yang Ingin menjadi Seorang Blogger Profesional dan Blogger Preneur http://www.jejaksatupena.com/

1 komentar so far

Lengkap amat penjelasannya Bang Oji.
Hehehe..
Lagi Jobs Review ya..

Silahkan Berikan Komentar Relevan Untuk Artikel Ini
¤ Tidak Nyepam
¤ Tidak Promosi
¤ Tidak Menyematkan Link Aktif

Akan dihapus Spam, Promosi dan Link Aktif

*Diperbolehkan Untuk Diskusi dan Sharing Dikolom Komentar
EmoticonEmoticon