Saturday, October 29, 2016

Cara Menulis Biografi

Biografi merupakan karya tulis tentang perjalanan kehidupan seseorang. Menulis biografi bisa menjadi cara buat membentuk pencitraan diri. Seperti yang sedang marak terjadi akhir-akhir ini.

Banyak sekali dari kalangan politisi atau pejabat yg melakukan pencitraan dengan cara membeberkan kisah hidupnya melalui sebuah terbitan buku biografi. Sehingga waktu ini keahlian menulis biografi dapat kita golongkan sebagai suatu profesi.

Menulis Biografi merupakan wahana yang relatif efektif untuk penyebaran pengetahuan seorang, membangun personal merk serta untuk pencitraan diri. Sayangnya terkadang pesan yg diangkat dan  ingin di sampaikan gagal menyentuh audiens.

Banyak buku biografi yg hanya dijadikan pajangan, baik pada perpustakaan maupun toko-toko buku populer. Tidak ada yg ingin membacanya, apalagi membelinya. Karena tokoh yang di tulis tidak menarik atau sebab isinya yang terus-menerus.

Hal-hal yang perlu diperhatikan pada menulis biografi artinya hal-hal menjadi berikut:

  •  Tokoh yg dipilih merupakan tokoh idola anda karena pengetahuan wacana tokoh tadi bisa sangat mendalam serta mendetail
  • Cari gosip sebanyak-banyaknya perihal tokoh idola anda tadi, baik dari unsur sejarah juga rutinitas terkininya Jika beliau masih hidup
  • Tentukan hal apa yang ingin dikedepankan berasal tokoh yang dipilih ini serta usahakan adalah hal yang menarik bagi rakyat luas
  •  Tokoh tersebut mempunyai nilai positif bagi masyarakat luas
  • Cara tokoh tersebut menghadapi berbagai rintangan dan  cobaan dapat menjadi wangsit buat orang banyak
  •  gunakan bahan surat keterangan berasal berbagai asal baik itu cetak atau elektro agar lebih akurat

Langkah-langkah menulis Biografi
  1. Kumpulkan informasi sebanyaknya tentang wacana tokoh yang akan di tulis biografinya. Yang terbaik adalah dengan bertemu secara langsung dengan tokoh dan  mewawancarai oleh tokoh serta orang-orang yg mengenalnya dengan baik. Bila oleh tokoh sudah meninggal , maka hubungi saudara, kerabat atau siapa saja yang mengenal si tokoh dengan baik. 
  2. Kumpulkan data-data yang valid dan  legal menjadi pendukung. Baik pada bentuk goresan pena pada media yg pernah mengulas tokoh ataupun pada bentuk foto, video, dll. Sebagai akibatnya anda mengetahui apa pendapat orang lain tentang oleh tokoh dari perspektif yang tidak selaras.
  3. Mintalah pendapat terhadap tokoh yang akan anda tulis. segala hal yg ingin atau tidak ingin di ketahui publik pada dirinya. Hal ini buat mencegah tuntutan hukum di lalu ahari Jika sang tokoh merasa anda melakukan pencemaran nama baik
  4. Mulai menulis menggunakan bahan yang tersedia. Jika samar-samar, hubungi lagi narasumber supaya tidak terjadi kesalahan yang tak pada inginkan.
  5. Selesainya penulisan selesai, mintalah tokoh anda buat membaca draft naskah, dan  menyetujui setiap kalimat yang anda tuliskan di sana. Agar lalu hari tidak terdapat silang konkurensi. Jadikan tokoh anda menjadi salah  satu editor naskah biografi anda.
  6. Buku siap diterbitkan.

Seorang INTROVERT yang Menyukai Dunia Blogging Di akhir tahun 2015 samapi dengan sekarang, yang sedang Belajar  Mengenal Dunia Blogging dan Harapan Ingin Menjadi Seorang "Blogger Profesional & Blogger Preneur". (23/8 bangoji.net)

Silahkan Berikan Komentar Relevan Untuk Artikel Ini
¤ Tidak Nyepam
¤ Tidak Promosi
¤ Tidak Menyematkan Link Aktif

Akan dihapus Spam, Promosi dan Link Aktif

*Diperbolehkan Untuk Diskusi dan Sharing Dikolom Komentar
EmoticonEmoticon