Sunday, September 18, 2016

Passion dan hobby ?




Saat ini banyak orang yang mempertimbangkan mengikuti passion untuk menentukan karirnya. Sebenarnya apa sih yang disebut passion.

Passion menurut saya adalah suatu bidang yang munculnya dari dalam hati. Dimana kita selalu merasa enjoy saat mengerjakan hal itu, selalu merasa ingin berkembang, dan selalu berusaha memberikan yang terbaik. Banyak orang yang telah bekerja sesuai passion entah itu seorang penulis, fotografer, pelukis, musisi, dan lain sebagainya.


Nah, menurut Jim Woods sendiri, hobi dan passion bisa dibedakan seperti dibawah ini.

Hobi itu:

Sesuatu yang kita gemari untuk dilakukan, tapi sekarang tidak kita lakukan lagi. Seperti hobi mengoleksi novel atau komik, tapi sekarang sudah tidak lagi. Atau hobi mengoleksi kertas surat yang wangi dan berwarna warni sejak sekolah, tapi sekarang tidak lagi.

Sangat mudah dilakukan. Kesulitannya mungkin hanya pada mencarinya di zaman yang sudah tidak diproduksi lagi. Seperti perangko, uang lama, kertas surat wangi, berbagai macam amplop, dan sebagainya.
Kita tidak khawatir dalam memulainya atau menghentikannya. Ya, hobi tidur tinggal tidur aja. Hobi makan tinggal makan saja. Tidak ada ketakutan dan kekhawatiran untuk melakukan hal tersebut kan? Itulah hobi.
Biasanya, tidak dibicarakan bahkan dengan teman terdekat dan sahabat sekalipun. Karena banyak hobi yang negatif. Seperti hobi klepto, hobi menyanyi di kamar mandi, dan sebagainya.


Sedangkan Passion itu:

Sesuatu yang dikerjakan terus menerus hingga sekarang ini. Kita bisa menghentikan aktifitas itu, tapi ada kecenderungan untuk kembali lagi melakukannya suatu hari nanti.

Cukup sukar dilakukan. Butuh motivasi, inspirasi, semangat, pantang menyerah, berdoa, dan juga ada hadiah yang kita idam-idamkan hadir di akhir aktifitas itu. Tentu hadiah pertama yang akan kita dapati adalah kepuasan batin.

Bahkan kita cenderung mau untuk mengerjakannya hingga larut malam, rela melakukannya hingga larut malam. Dan sampai tidak bisa tidur cepat karena memikirkannya.

Kita selalu ingin menceritakan aktifitas ini pada sahabat baik, pada teman terdekat, karena kita bangga menceritakannya.



Tapi apakah passion sama dengan hobi?

Sebenarnya passion berbeda dengan hobi. Menurut Rene Suhardono, hobi itu ibarat pekarangan rumah dan passion itu ibarat rumahnya. Jadi orang yang mengerjakan hobi hanya ada di pekarangannya saja, sedangkan orang yang benar-benar mengikuti passionnya ibarat telah berada di dalam rumah. 

Berikut Perbedaan hobi dan passion :

> Hobi mengeluarkan uang, sedangkan passion bisa menghasilkan uang
  Contoh, orang yang hobinya main golf pasti mengeluarkan uang, sementara orang yang passionnya main
  golf ia akan berusaha menjadi pemain golf dan menghasilkan uang

> Hobi hanya sebatas aktifitas untuk mengurangi stress, sementara passion itu menjiwai pada suatu bidang,
  Seorang karyawan yang setiap akrhir pekan traveling adalah hobi, sementara seorang yang menjiwai 
  dengan menjalankan usaha travel adalah passion.

> Hobi hanya untuk diri kita sendiri, sementara passion itu kita berusaha memberikan pengaruh pada 
   banyak  orang melalui bidang yang kita suka.
  Jika kita mempunyai hobi menulis itu pengaruhnya hanya untuk diri kita sendiri, tapi jika passion kita 
  menulis, kita akan berusaha memberikan pengaruh bagi sebanyak mungkin orang yang membacanya.


Itulah sedikit perbedaan antara hobi dan passion. Mungkin setiap orang punya hobi dan mengerjakan hobinya, tapi banyak orang juga yang punya passion namun mengabaikan kata hatinya untuk mengikuti passion. Hidup itu pilihan, apakah kita akan mengikuti passion atau hanya sekedar mengerjakan hobi di waktu luang semata.

Seorang INTROVERT yang Menyukai Dunia Blogging Di akhir tahun 2015 samapi dengan sekarang, yang sedang Belajar  Mengenal Dunia Blogging dan Harapan Ingin Menjadi Seorang "Blogger Profesional & Blogger Preneur". (23/8 bangoji.net)

Silahkan Berikan Komentar Relevan Untuk Artikel Ini
¤ Tidak Nyepam
¤ Tidak Promosi
¤ Tidak Menyematkan Link Aktif

Akan dihapus Spam, Promosi dan Link Aktif

*Diperbolehkan Untuk Diskusi dan Sharing Dikolom Komentar
EmoticonEmoticon