Saturday, August 27, 2016

Kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula

Tags

Kesalahan Blogger Pemula

Setelah sobat tahu bagaimana memulai ngeblog, maka sebaiknya sobat menyimak beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula agar sobat tidak perlu melakukan hal yang sama berikut ini:

1. Terlalu sibuk dengan tampilan
Seperti yang sudah saya singgung sedikit di atas, kesalahan yang hampir dilakukan oleh kebanyakan blogger pemula adalah terlalu sibuk dengan tampilan. Gonta-ganti template, pasang-copot widget, dll. Padahal semua itu sama sekali tidak begitu penting.

Yang akan menjadikan blog sobat dikenal dan dikunjungi oleh banyak orang nantinya bukanlah karena tampilan, tapi konten yang ada di blog sobat.


2. Mementingkan kuantitas daripada kualitas
Blogger pemula biasanya berlomba-lomba untuk mengisi blognya dengan tulisan sebanyak mungkin dengan harapan bisa dengan cepat mendapatkan banyak pengunjung tanpa mempedulikan apakah postingannya hasil nulis sendiri atau hasil jiplak tulisan blogger lain.


3. Terlalu banyak membaca informasi tapi minim praktek
Sebagai seorang blogger pemula biasanya rasa keingintahuannya sangat besar. Baca ini baca itu sampai kepalanya penuh dengan informasi dan bingung yang mana yang harus dipraktekan.Lebih baik sedikit informasi tapi benar-benar dipraktekan daripada kebanyakan informasi tapi sama sekali tidak digunakan.


4. Tidak konsisten
Di awal-awal sangat rajin mengupdate posting secara rutin setiap hari, tapi setelah itu tiba-tiba menghilang entah kemana. Mengupdate blog secara rutin memang sangat bagus, tapi konsistensi menurut saya jauh lebih penting.


5. Membahas terlalu banyak topik
Apakah masalah kalo membahas banyak topik? sama sekali tidak. Tapi yang pasti blog sobat akan sulit berkembang, tidak memiliki keunikan, tidak memilki jati diri, dan akan sulit mendapatkan pembaca setia.


6. Terlalu terobsesi dengan statistik blog
Seorang blogger pemula biasanya akan sangat rajin mengecek jumlah pengunjung, ranking alexa, pagerank, dan lain sebagainya. Sehari bisa mengecek sampai ratusan kali. Padahal hal tersebut tidak akan membantu menambah jumlah pengujung blog sobat dan hanya akan membuang-buang waktu.


7. Membuat terlalu banyak blog
Jujur cukup blogger-blogger yang sudah berpengalaman yang mengelola banyak blog, puluhan bahkan sampai ratusan. Tapi khusus bagi pemula sangat tidak disarankan membuat terlalu banyak blog karena akan membuat tidak fokus.

Meskipun sobat bukan lagi pemula saya rasa mengelola banyak blog bukanlah sebuah keharusan. Semua tergantung dari tujuan sobat. Jika sobat ingin membuat blog agar bisa populer dan bertahan lama, maka tidak ada alasan untuk mengelola banyak blog.


8. Terlalu berambisi mendapatkan uang secara cepat
Tidak bisa dipungkiri banyak blogger yang memulai ngeblog karena ingin mendapatkan uang. Mereka beranggapan mendulang uang dari blog bisa dilakukan dalam waktu semalam, padahal tidak demikian. Butuh waktu, usaha dan konsistensi.

Saya sendiri baru bisa menghasilkan uang setelah dua tahun ngeblog. Waktu yang cukup lama memang mengingat saya memulai benar-benar dari nol. Sobat mungkin bisa lebih cepat atau lebih lama. Yang jelas butuh waktu, usaha dan konsistensi.


9. Tidak memanfaatkan mesin pencari Google dengan maksimal
Jangankan cuma masalah blog, informasi apapun bisa kita temukan dengan mudah di google. Jadi manfaatkanlah Google dengan baik untuk belajar ngeblog.

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula, masih ada banyak lagi yang belum bisa saya sampaikan pada kesempatan ini.

Seorang INTROVERT yang Menyukai Dunia Blogging Di akhir tahun 2015 samapi dengan sekarang, yang sedang Belajar  Mengenal Dunia Blogging dan Harapan Ingin Menjadi Seorang "Blogger Profesional & Blogger Preneur". (23/8 bangoji.net)

Silahkan Berikan Komentar Relevan Untuk Artikel Ini
¤ Tidak Nyepam
¤ Tidak Promosi
¤ Tidak Menyematkan Link Aktif

Akan dihapus Spam, Promosi dan Link Aktif

*Diperbolehkan Untuk Diskusi dan Sharing Dikolom Komentar
EmoticonEmoticon