Thursday, February 4, 2016

TENTANG SEBUAH PERMULAAN

TENTANG SEBUAH PERMULAAN
             (By Teddy Murtadi)

Jejaksatupena.com -
"BUBAR! Sudah ku bilang bubar! Pergi kalian jauh-jauh!"

***

Hehe.. awal tulisan udah langsung ngajak berantem ya.

Coba Bayangin ketika membaca kalimat pertama diatas? Kira-kira apa yang dirasa? Yup, mungkin ada yang ngerasa "ada apa ini?" Atau ada juga yang ngerasa "enak aja main bubar-bubar! Situ siapa?!" #nyolot. :D

Guys, sedikit ngobrolin teknik menulis ya.

Nulis buku, artikel, fiksi, non fiksi akan selalu ada opening alias pembuka tulisan. Dari zaman baheula sampai sekarang opening dalam tulisan sangat  penting. Ia akan membuat si pembaca memutuskan apakah LANJUT BACA atau LEMPAR dan cari buku yang lain yang lebih HOT untuk dibaca. Makanya sekali lagi, dalam sebuah tulisan, OPENING SANGAT PENTING. #NggakBolehBantah ^_^

Dulu, zaman-zaman Marah Rusli, Hamka, dan penulis-penulis generasi lama, menulis dengan opening menceritakan tentang keadaan alam, situasi atau hal-hal yang dekat dengannya menjadi hal yang menarik. Merasakan terik mentari, atau dinginnya udara pegunugan hal yang sangat mengasyikan.

Namun, sekarang sepertinya opening dengan cara seperti itu sudah mulai ditinggalkan penggemarnya.

Coba saja baca buku-buku Best seller, atau nonton film-film Hollywood, diawal opening mereka sudah langsung stright to the point, langsung masuk ke permasalahan yang bikin dag dig dug dan nggak mau lepas untuk terus lanjut nonton atau baca bukunya.

Contoh:

- Nonton film Transformer kalau nggak dari awal bakal bingung. Terlewat saja 2-3 menit, langsung miss di cerita.

- Baca buku Inferno nya Dan Brown bakal bingung juga kalau nggak paham kejadian di bab awal. Kerennya, buku setebal itu hanya menceritakan kejadian 2-3 hari doang. Detil tapi nggak garing!

- Buku Jamil Azzaini yang "Tuhan, Inilah Proposal Hidupku" langsung ngasih perumpamaan yang menyadarkan tentang pentingnya sebuah proposal hidup. Buku tipis namun jempolan.

Intinya, zaman kiwari adalah zaman serba cepat dan serba tidak ingin bertele-tele. Jadi, bagi Anda yang sedang nulis, perhatikan OPENING pada tulisan kita ya. Mungkin ini dampak dari arus informasi yang banjir di HP. Jadi, orang cenderung hanya akan baca hal-hal yang menarik dan yang dibutuhkan saja. So, terus asah skill nulis kita ya.

Oh iya, saya tidak sedang bilang ini hanya untuk penulis buku saja. Ini juga PENTING UNTUK PENGGIAT BISNIS ONLINE. Kenapa? Karena semuanya berasal dari rangkaian kata yang kita buat di NOTE.

Selamat mencoba. :)

(@inspiratorindonesia)

Seorang INTROVERT yang Menyukai Dunia Blogging Di akhir tahun 2015 samapi dengan sekarang, yang sedang Belajar  Mengenal Dunia Blogging dan Harapan Ingin Menjadi Seorang "Blogger Profesional & Blogger Preneur". (23/8 bangoji.net)

Silahkan Berikan Komentar Relevan Untuk Artikel Ini
¤ Tidak Nyepam
¤ Tidak Promosi
¤ Tidak Menyematkan Link Aktif

Akan dihapus Spam, Promosi dan Link Aktif

*Diperbolehkan Untuk Diskusi dan Sharing Dikolom Komentar
EmoticonEmoticon