Sunday, June 18, 2017

6 Tips Mudik Lebaran dengan Selamat, Aman, dan Nyaman Menggunakan Transpotasi Udara

Tags



BangOjiNet - Alhamdulillah, lebaran sebentar lagi. Semua pekerjaan sudah selesai dituntaskan. Persiapan dari membeli kue untuk sanak saudara, baju baru untuk adik, kakak, pasangan, bahkan kebutuhan lain sudah tersedia. Zakat fitrah sudah ditunaikan. Sedekah? Alhamdulillah, sudah lebih dulu dipenuhi.

Kini tiba waktunya pulang. Mengakhiri rindu dengan pertemuan penuh kemenangan. Tapi dengan apa aku harus pulang? Lebarantak kurang dari tujuh hari, semua tiket tentu ludes sejak awal. KA retail dalam website terbarunya cukup memberikan satu kata "habis". 

Mengendarai mobil? Jika kilometer mencukupi, tentu hal ini mudah dilakukan. Bahkan aplikasi kendaraan online begitu mudah di dapat. Namun kampung halaman yang dimaksud tidak 50 ata 200km dari rumah.

Bagaimana jika melintasi provinsi, melewati selat atau lautan? Pun, berjibaku dengan rute darat tentu menghabiskan energi, waktu, mungkin kesabaran. Macet, polusi, bahkan tindak kejahatan sudah mengintip dibalik pintu atau mungkin kursi yang kita tumpangi.

Musik aman? Jika memang rute termasuk panjang, transportasi udara sudah tentu menjadi jaminan. Namun tak menutup kemungkinan untuk rute pendek. Sebab memilih transportasi udara semestinya lebih aman sekaligus nyaman.

Tak perlu kita berdesakan dengan penumpang lain seperti layaknya dalam terminal atau stasiun. Pun keamanan lebih terjaga, sebab kita tak perlu repot memperhatikan barang bawaan kita. Cukup letakkan dalam bagasi, bawa seperlunya dan nikmati perjalanan. 

Menggunakan transportasi udara, lebih menyenangkan. Beberapa tips berikut ini bisa kita terapkan agar mudik kita lebih nyaman, aman, dan tentunya selamat;

Tiket. 

Rencanakan keberangkatan kita minimal dua bulan sebelumnya, lakukan reservasi. Tiket masih bisa dibatalkan atau di tukar, dengan mematuhi peraturan maskapai tentunya. Perencanaan lebih awal ini lebih menguntungkan kita sebab harga tiket belum mengalami lonjakan. Tips: beberapa maskapai seringkali memberikan promo harga. Untuk mendapatkan, sering-sering kunjungi website tiket online, dan saat ada harga promosi bisa langsung terbeli. Keberuntungan memang.

Jaga kesehatan. 

Sudah jelas, ya. Sepanjang apapun rute perjalanan kita, jika disertai badan yang fit, tentu tidak ada rintangan.

Bawa anak kecil? No problem. 

Jika anak kita masih dibawah dua tahun, pastikan imunisasi terakhirnya tidak kurang dari satu minggu sebelum keberangkatan. Siapkan segala perlengkapan dan kebutuhan anak dalam satu tas sedang terutama baju ganti, susu (bisa dibungkus plastik kecil-kecil agar lebih praktis dan hemat tempat), Disperindag, dan yang lain.

Jangan lupakan earplug. 

Beberapa maskapai menyediakan earplug, namun tidak semua maskapai. Jadi tidak ada salahnya kita berjaga. Earplug ini sangat membantu kita untuk menjaga telinga saat take off atau kandung akibat perubahan tekanan udara dalam kabin. Tips: jika lupa, kita bisa gunakan kapas yang dipilin, atau kunyah permen karet, bernyanyi, usahakan jangan biarkan mulut kita terdiam. dan jangan tidur saat take off atau landing.

Tidur dalam pesawat. 

Tidak ada yang melarang kita untuk tidur namun usahakan lebih banyak terjaga. Tertutama untuk penerbangan rute pendek, tak perlulah kita tidur. Jika rute penerbangan kita cukup panjang, tidur menjadi pilihan untuk menjaga stamina badan.

Tips: perhatikan posisi tidur dalam pesawat. Menyandarkan kursi mungkin lebih nyaman namun pikirkan juga penumpang dibelakang kita. Pilih posisi tidur lain misalkan dengan bersandar ke dinding jendela atau bahu penumpang sebelah kita. Tak ada salahnya kita membawa bantal leher.

Berdoa. 

Jangan lupakan hal satu ini. Sebab hanya doa yang mampu memberikan kita selamat sampai tujuan.

Ingin mudik lebaran? Jangan ragu bertransportasi udara.

Saya menjadi tahu betapa penting menggunkan transportasi udara untuk keselamatan jiwa kita karena saya ikutan gabung di komunitas #SobatAviasi. Komunitas ini dibentuk oleh Direktoret Jendral Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan. Pengen tahu informasi atau gabung juga, coba cek saja di: https://www.instagram.com/djpu151/ dan https://www.facebook.com/djpu151/#SobatAviasi.

Nah, Buat teman-teman yang hobby ngevlog atau membutuhkan informasi seputar lomba NgeVlog bersama buat ikutan lomba Vlog DJPU, yang informasinya bisa langsung di cek di http://selamanya.id/. Karena ada banyak sekali hadiah seru dan menarik. Jangan sampai ketinggalan buat ikutan vlognya ya, karena akan ada pemenang Grand Final yang akan dipilih untuk terbang ke Raja Ampat bersama Direktorat Jendral Perhubugan Udara Kementerian Perhubungan. benar sekali serunya.

Sekian Informasi yang penulis bisa sampaikan, semnagat selamat mudik, semoga cepat nyampe kampung halaman.

Seorang INTROVERT yang Menyukai Dunia Blogging Di akhir tahun 2015 samapi dengan sekarang, yang sedang Belajar  Mengenal Dunia Blogging dan Harapan Ingin Menjadi Seorang "Blogger Profesional & Blogger Preneur". (23/8 bangoji.net)

4 komentar

Earplug ini penting bgt, apalagi buat yg sering bepergian menggunakan pesawat. Padahal duluuuu, di pesawat tiap penumpang dibagikan permen untuk menghindari telinga yg bindeng. Tapi sekarang malah hal tsb dihilangkan, penting bgt padahal.

kesehatan memang paling penting selama persiapan mudik. Pernah waktu mau mudik malah flu dan jadinya ngga nyaman banget saat di pesawat.

Bener banget, tak lupa berdoa, hehehe. Sama doa sebelum pergi ya

Bener banget mas. Jaga kesehatan. Gak enak banget bepergian dalam kondisi tubuh yang gak fit. Apalagi kalo perjalanan jauh..

Silahkan Berikan Komentar Relevan Untuk Artikel Ini
¤ Tidak Nyepam
¤ Tidak Promosi
¤ Tidak Menyematkan Link Aktif

Akan dihapus Spam, Promosi dan Link Aktif

*Diperbolehkan Untuk Diskusi dan Sharing Dikolom Komentar
EmoticonEmoticon