Monday, January 2, 2017

Mengutuk Kantuk Saat Membaca

Oleh
Hawin Nurhayati
"Mengutuk Kantuk Saat Membaca"

    
Membaca merupakan aktivitas yang mendatangkan banyak manfaat. Namun membaca masih kurang diminati oleh semua kalangan, baik siswa, mahasiswa, pejabat, maupun kalangan lainnya. Terlebih di zaman modern seperti ini, membaca menjadi seperti kebiasaan kuno yang jika dilakukan maka akan membuat orang yang membacanya mendapat julukan “cupu”. Di era globalisasi yang kian maju ini, buku tersisih dan tergantikan oleh kemajuan teknologi, dimana handphone dan gadget bertebaran dengan sangat cepat. Mereka lebih memilih bermain dengan gadget mereka ketimbang memilih buku untuk menambah wawasan. Walau sebenarnya, dari gadget, mereka juga bisa menggali informasi. Namun hal ini juga agaknya masih butuh kesadaran yang entah kapan datangnya. Di gadget mereka lebih memilih bermain game, game online, berfoto ria, atau chattingan semata. 

Selain masalah kurangnya minat, kantuk juga menjadi masalah besar dalam dunia membaca. Banyak orang yang ketika memulai membaca, tak lama kemudian bertemu dengan kantuk. Kantuk ini adalah salah satu masalah serius dalam hal membaca. Karena jika kantuk sudah datang, maka konsentrasi membaca akan terganggu. Akibatnya, informasi yang terbaca terhalang masuk ke otak. 

Banyak dari pembaca yang mencoba menghilangkan kantuk ini dengan minum kopi. Ini mungkin bisa menjadi alternative bagi sebagian orang. Namun langkah ini bukan langkah yang baik, karena dapat menimbulkan berbagai dampak negatif pada kesehatan. Salah satunya, Risiko Kanker kandung kemih dan ovarium. Menurut Physicians Commitee For Responsible Medicine dalam Healthy Eating for Life to Prevent and Treat Cancer mengungkapkan bahwa kopi dapat mempengaruhi DNA dan juga meningkatkan resiko terkena kanker kandung kemih dan ovarian.

Sebenarnya ada tips lain yang mungkin bisa dicoba. Pertama, cobalah untuk tidak membaca dalam keadaan duduk terlalu lama. Karena selain membuat anda bosan dan mengantuk, juga akan beresiko ambeien. Saat membaca dalam keadaan duduk, lalu anda merasa mengantuk, cobalah untuk berdiri dan mondar-mandir sejenak. Ini befungsi untuk merilekskan badan kita yang lelah sekaligus mengusir kantuk. Saat anda sedang membaca di perpustakaan, cobalah untuk berjalan menuju rak buku agar kantuk hilang dan memberi ruang untuk otak beristirahat. Melihat-lihat beraneka buku yang berjejer di rak, membuat kantuk anda hilang karena anda terhindar dari kebosanan membaca satu jenis buku. 

Tips kedua, anda bisa membaca sambil menulis. Artinya, saat anda sedang membaca, usahakan setelah mendapat informasi dari apa yang anda baca, tulis ulang informasi tersebut dengan bahasa anda sendiri di kertas. Ini bertujuan agar mata tak lelah dan terhindar dari kantuk serta anda akan lebih mudah mengingat informasi yang anda dapat.

Jika sedang membaca di rumah atau di tempat lain yang sifatnya informal (tidak di kelas atau perpustakaan), anda bisa mencuci muka setiap kali anda merasa mengantuk. Air cukup ampuh untuk mengusir kantuk.

Tips-tips sederhana demikian bisa menjadi alternative anda untuk mengusir kantuk tanpa efek samping yang bisa mengganggu kesehatan.   

Seorang INTROVERT yang Menyukai Dunia Blogging Di akhir tahun 2015 samapi dengan sekarang, yang sedang Belajar  Mengenal Dunia Blogging dan Harapan Ingin Menjadi Seorang "Blogger Profesional & Blogger Preneur". (23/8 bangoji.net)

Silahkan Berikan Komentar Relevan Untuk Artikel Ini
¤ Tidak Nyepam
¤ Tidak Promosi
¤ Tidak Menyematkan Link Aktif

Akan dihapus Spam, Promosi dan Link Aktif

*Diperbolehkan Untuk Diskusi dan Sharing Dikolom Komentar
EmoticonEmoticon