Saturday, January 21, 2017

Galaunya Seorang Blogger


Haloo .... Jomblogger Apakabar Gaess ... ?

Ketemu lagi dengan saya bangoji, kali ini  mau berbagi selembar catatan yang penuh dengan tulisan yang tak bermakna.

Sejatinya setiap manusia mempunyai emosi, tidak ada yang tidak mungkin seorang manusia tidak memiliki emosi. manusia atau b*n****ng . hewan juga mempunyai emosi, apalagi manusia makhluk yang sempurna sudah pasti mempunyai sifat emosi.

Kali ini bangoji akan membahas sebuah catatan kecil yang berkaitan dengan salah satu sifatnya emosi yaitu galau.

Jomblogger, tentu sudah pada tahu kan apa itu galau, .?

Kata ini sering tersirat di benak para anak muda zaman sekarang ini, dengan adanya media sosial di era teknlogi. Sering sekali kalimat galau terlontar melalui sosial media, apalagi anak muda yang sedang putus cinta dengan pacarnya. tentu pasti kalimat galau akan terlontar.

Apa sih arti dari kata Galau ?
Tanyakan saja kata galau ini ke anak muda sekitar, pasti mereka sudah pada tahu apa itu arti dari kata galau.

Tentu banyak yang menyimpan definisi pribadi tentang kata "galau". Perputaran topik perbincangan masalah satu ini di media-media sosial sangatlah cair dan  riuh. Dari sekadar curahan hati di medsos hingga tulisan puitis  berbentuk prosa, banyak orang mendefinisikan "galau" sebagai sebuah  bentuk perasaan yang kurang nyaman, sedih, gelisah, menyesal, bingung,  dan sebagainya. Tapi, apa definisi sebenarnya kata "galau"

 Menurut saya kata Galau itu adalah bagian dari sifat emosi .

Menurut Kamus Bahasa Besar Indonesia kata galau termasuk ke kategori kata sifat.
  • ber·ga·lau a sibuk beramai-ramai; ramai sekali; kacau tidak keruan (pikiran); 
  • ke·ga·lau·an n sifat (keadaan hal) galau
Nah itu menurut KBBI, jadi kita bisa menyimpulkan mkan dari galau. 50 % menurut presefsi saya benar galau termasuk sifat bagian dari emosi.

Kembali ke Topik ....  ini hanya sebatas permulaan mengenai makna kata galau. semua orang memiliki presefsi masing-masing dan mempunyai pendapat yang berbeda.



Jomblogger : Galaunya Seorang Blogger

Ada saatnya seorang blogger terserang penyakit galau, mayoritas blogger pemula. di bawah ini ada bebrapa tanda "Galaunya Seorang Blogger " :

1. Hilangnya ide  

Maksudnya Sebenarnya banyak blogger yang malas untuk ngeblog, terutama blogger pemula. karena kenapa ? mereka kesulitan dalam menetukan konten seperti apa untuk bahan tulisan mereka di  blog. iya benar sekali, ketika saya awal-awalnya ngeblog sulit sekali dalam menentukan konten yang harus ditulis dan diposting.

Yang terutama agar tidak kehilangan ide untuk bahan tulisan ngeblog, ketika kita mempunyai ide langsung catat di note, sering banyak membaca dan sering latihan menulis. walaupun tulisan masih ala kadarnya (acak-acakan) itu tidak mempengaruhi dalam pembelajaran.

Oiya coba deh mampir ke blognya Mas Faqih Adzky di blognya ada sebuah artikel yang membahas bagaimana cara menternak ide dalam menulis.

     
2. Terlalu Terobsesi 

Banyak blogger pemula yang terlalu terobsesi dengan iming-iming blogger nakal, inilah itulah yang menyebabkan blogger  kurang fokus dan akhirnya tidak konsisten untuk belajar ngeblog lebih dalam lagi, biasanya ini terjadi pada blogger pemula.

Seperti halnya saya dulu juga begitu, tertarik dengan iming2 yang bagus tapi nyatanya kurang baik, akhirnya hilang semangat untuk ngeblog, tidak fokus dalam mempelajari dunia blogging hingga setelahnya menjadi malas untuk ngeblog dan ditambah lagi masih kurang ide serta wawasan yang belum luas hingga saat ini.


3. Hilangnya Semangat Ngeblog 

Banyak sekali faktor yang menyebabkan para blogger kehilangan semangat dalam ngeblog, salah satunya yaitu Trafik blog sedikit, Visitor sedikit, Viewer sedikit . inilah yang membuat blogger pemula makin malas dan hilangnya semangat ngeblog. Kenapa bisa begitu, karena blogger pemula biasanya mengeluh ketika trafik blognya rendah atau sepi pengunjung.

Tapi jangan khawatir, agar kembali semangat ngeblognya, mantemen lakukan banyak hal aktivitas yang bermanfaat. Bergabunglah dengan beberapa forum blogger, group blogger sosial media, group blogger whatsapp, komunitas blogger dan forum blogger lainnya.

Di forum mantemen bisa sharing segala hal mengenai dunia blogging, bisa bertanya sepuas mungkin atau bisa memberikan pendapat  dan mantemen bisa mendapatkan banyak ilmu dan informasi di forum blogger yang mantemen ikuti , banyak sekali kegiatan dan program setiap harinya .

Ada beberapa forum blogger yang bisa saya rekomendasikan untuk mantemen bisa bergabung dengan forum ini, yaitu Komunitas Blogger Jakarta, Komunitas Blogger Aktif Indonesia, Komunitas Bloggerclass, Komunitas Warung Blogger, Komunitas Blogger Kawancut, dan Masih banyak Komunitas Blogger yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.


4. Kurang Konsisten

Saya sengaja memasukan kategori ini ke topik pembahasan, pada dasarnya seorang blogger mempunyai jam kesibukannya masing-masing dan terkadang gak ada waktu luang untuk menulis.

Kadang para blogger banyak yang mengeluh karena kesibukannya, dan mereka mengatakan kalau mereka tidak bisa konsisten untuk ngeblog dikarenakan gak ada waktu luang. apalagi blogger tersebut seorang karyawan dan gak punya jam luang paling hari libur dipakai untuk istirahat sama mereka.

Dipikir ulang masa sih gak ada jam luang sama sekali, hanya untuk menulis sebuah catatan kecil harian.?


5. Gak Punya Kuota Data Internet


Ketika kuota data internet mulai menipis, blogger yang aktif menulis pasti mempunyai rasa gelisah dan resah, apalagi ditambah ketika keuanganpun mulai menipis.


Siapa sih yang gak galau, ketika gak punya data internet ?


Semua orang akan merasa galau, terutama yang hyperaktif di media sosial. bukan hanya seorang blogger saja yang merasakan kegalauan ini.

Mantemen tau enggak ?
Seseorang yang super hyperaktif di dunia maya, ketika gak punya kuota internet apa yang terjadi ..... ?.
Katanya sehari gak online itu rasanya bagaikan satu minggu gak online. ya begitupun dengan seorang blogger yang aktif menulis, akan mengalami hal serupa karena keseringan aktif, ketika ada suatu hambatan dalam sehari maka akan terasa ada yang kurang dan merasa kehilangan.


    
6. Alat Ngeblog Rusak/hilang

Ketika peralatan ngeblog masuk rumah sakit, seorang blogger akan merasa kesepian dengan dunia blogging.
mengapa bisa begitu ? iya tentu seorang blogger yang aktif akan merasa kesepian ketika lepi atau smartphone nya rusak, sakit dan hilang. karena sering aktif didunia maya dan blogging mereka akan merasa kehilangan kesempatan dan ide yang bisa mereka bagikan di rumah onlinenya.

Tetapi, mantemen gak usah khawatir ketika alat kesayangannya mengalami kendala. kan masih ada peralatan manual yang bisa dipakai untuk menulis konten, ketika kalian mendapatkan sebuah ide yang bagus.

Salah satunya memanfaatkan selembar kertas dan secarik tinta sebagai alternative menuangkan peluang ide yang ada, sehingga nanti bisa di tulis ulang ke rumah online-nya, ketika peralatan ngeblognya sudah ada dan kembali sehat.



7. Belom Punya Pasangan 

Sebenernya hal ini tidak begitu mempengaruhi dalam "Galaunya Seorang Blogger ", tapi sebagian hal ini sangat mempengaruhi. kenapa ? tanya saja sama mereka yang sudah mempunyai pasangan . Kalo menurut saya sih, biasa-biasa saja karena sehari-hari sudah terbiasa sendiri dan melakukan hal-hal lainpun sendiri.



Itulah 5 tanda "Galaunya Seorang Blogger " Baca selanjutnya

Seorang INTROVERT yang Menyukai Dunia Blogging Di akhir tahun 2015 samapi dengan sekarang, yang sedang Belajar  Mengenal Dunia Blogging dan Harapan Ingin Menjadi Seorang "Blogger Profesional & Blogger Preneur". (23/8 bangoji.net)

Silahkan Berikan Komentar Relevan Untuk Artikel Ini
¤ Tidak Nyepam
¤ Tidak Promosi
¤ Tidak Menyematkan Link Aktif

Akan dihapus Spam, Promosi dan Link Aktif

*Diperbolehkan Untuk Diskusi dan Sharing Dikolom Komentar
EmoticonEmoticon