Tuesday, January 24, 2017

Ampuhh ... !! Tips Mengatasi Pemanasan Global

Tags


Bagaimana cara kita mengatasi pemanasan global ini.

Efek rumah kaca merupakan suatu peristiwa pemanasan yang terjadi pada permukaansuatu benda langit. Efek rumah kaca terjadi karena komposisi maupun keadaan atmosfer suatu benda langit  yang menahan pantulan sinar matahari yang radiasi inframerah bumi.

Efek rumah kaca akan mengakibatkan pemanasan global yaitu meningkatnya suhu permukaan bumi yanga menyebabkan perubahan iklim yang ekstrim. Perubahan suhu yang ekstrim akan mempengaruhi keseimbangan ekosistem dan hutan yang ada di bumi sehingga cara mengatasi efek rumah kaca dan pemanasan global harus dilakuakan sedini mungkin.

Berikut beberapa cara mengatasi efek rumah kaca dan pemanasan global, sebagai berikut :


Pertama, Membudayakan Hemat Listrik. Listrik adalah suatu bentuk energi yang sudah banyak digunakan oleh manusia. Era modern isi listrik adalah salah satu kebutuhan utama dalam rumah tangga, namun listrik energy yang banyak digunakan sekarang adalah dari pembangkit listrik kebanyakan yang menggunakan bahan bakar fosil yang menghasilkan karbon dioksida. Semakin banyak pengguna listrik semakin banyak pula gas buangan yang berupa karbon dioksida sehingga efek rumah kaca semakin bisa memburuk.

Selain membudayakan dengan hemat listrik, kita bisa memproduksi listrik dari pembangkit energy alam. Misalnuya adalah energy alira air maupun angin sehingga tidak ada gas buangan karbon dioksida.

Kedua, Menghijaukan Pohon dan Menjaga Hutan
Pohon dan jenis tumbuhan clorofil lainnya memiliki peran penting dalam membersihkan udara karena tumbuhan berklorofil memiliki kemampuan untuk mengelolah karbon dioksida, air, sinar matahri, dan unsure hara menjadi bahan organic dan oksigen.

Penghijauan pohoon dan melestarikan hutan adalah asalah satu cara kita mengatasi problem pemanasan global.

Selain menanam pohon sebanayak-banyaknya, dengan cara menjaga hutan dari penebangan secara liar. Hal ini sangat penting karena hutan sebagai penyeimbang ekosiistem dan paru-parunya dunia.


Ketiga, Mengurangi Penggunaan Transportasi Dan Bahan Bakar Minyak
Pembakaran menghasilkan gas karbon dioksida sebagai gas buangan. Tidak hanya pembakaran bahan bakar fosil tetapi juga pembakaran bahan bakar minyak seperti bensin. Apabila alattransportasi yang berbahan bakar minyak banyak digunakan dan jumlahnya semakin bertambah, makakarbon dioksida yang dibuang ke atmosfer juga semakin banayak.

Akibatnya, efek rumah kaca dan pemanasan global yang terjadi akan semakin bertambah memburuk. Karena itu, jumlah transportasi harus dikurangi jumlah pemakaiannya. Kurangi transportasi pribadi dan beralih ke transportasi umum untuk mengurangi gas karbon dioksida.

Keempat, Mengolah Sampah Dengan Baik
Sampah selalu menjadi masalah dimanapun berada, terutama sampah seperti plastic yang susah teruraui karena banyak samapah plastikdan jenis sammpah lain yang mengganggu keindahan dan kebersihan lingkungan. Kebanyakan orang tidak sabar dan membakar sampah tanpa mempertimbangkan akibatnya.

Tidak semjua jenis sampah harus dibakar sebaiknya didaur-ulang  dan samaph organic yang bisa segera terdekomposisi sebaiknya dijadikan kompos sehinga karbon dioksida yang dihasilkan pembakaran sampah bisa berkurang.

Cara mengatasi efek rumah kaca dan pemanasan global dengan metode ini cukup efektip jika diterapkan oleh banyak orang. Karena asap dari pembakaran sampah juga bisa mencemari lingkungan dan mengganggu system pernapasan.

Itulah 4 cara mengatasi efek rumah kaca dan pemanasan global yang bisa sampaikan, sebenarnya ada 2 hal lagi yang perlu dibahas dalam pembahsan ini. Kita bisa dilanjut di lain waktu.

Seorang INTROVERT yang Menyukai Dunia Blogging Di akhir tahun 2015 samapi dengan sekarang, yang sedang Belajar  Mengenal Dunia Blogging dan Harapan Ingin Menjadi Seorang "Blogger Profesional & Blogger Preneur". (23/8 bangoji.net)

Silahkan Berikan Komentar Relevan Untuk Artikel Ini
¤ Tidak Nyepam
¤ Tidak Promosi
¤ Tidak Menyematkan Link Aktif

Akan dihapus Spam, Promosi dan Link Aktif

*Diperbolehkan Untuk Diskusi dan Sharing Dikolom Komentar
EmoticonEmoticon