Wednesday, December 14, 2016

Cara Menulis Kutipan Langsung Dan Tidak Langsung

Kutipan merupakan kata yang didapat dari kalimat atau pendapat dari seorang, atau ucapan seseorang yang populer, baik terdapat pada buku-buku maupun majalah-majalah. Penulis cukup mengutip pendapat yang dianggapnya benar itu dengan menyebutkan pada mana pendapat itu dibaca, sebagai akibatnya pembaca dapat mencocokkan kutipan itu menggunakan asal aslinya. 

Walaupun kutipan atas pendapat seorang ahli itu diperkenankan tidaklah berarti  bahwa sebuah goresan pena seluruhnya  dapat terdiri asal kutipan-kutipan. Penulis jua tidak diperkenanakan mengutip holistik istilah atau pendapat berasal sebuah buku.

Kutipan bisa dibedakan menjadi kutipan langsung serta kutipan tak langsung. Kutipan langsung artinya kalimat yang didapatkan dari pendapat dengan menulis ulang secara lengkap kata demi kata, kalimat demi kalimat asal sebuah teks orisinil. 

Kebalikannya, kutipan tidak langsung merupakan pendapat berasal seseorang pengarang atau tokoh terkenal berupa inti sari atau ikhtisar berasal pendapat tersebut. Perbedaan antara ke 2 jenis kutipan tersebut haruslah benar diperhatikan sebab akan membawa konsekuensi yang berlainan Jika dimaksukkan pada teks. 

Kutipan langsung yg dicatat di kartu tak wajib  dimasukkan dalam tanda kutip, sedangkan seluruh kutipan tidak langsung tak diapit oleh pertanda kutip. Dengan demikian, penulis tak akan mengalami kesulitan pada mengambil kutipan.

Kutipan langsung merupakan pernyataan yg kita tulis pada susunan kalimat aslinya tanpa mengalami perubahan sedikit pun. Bahan yg kita kutip harus direproduksi tepat seperti apa adanya sinkron asal, termasuk ejaan, pertanda baca, dll.

 Cara penulisannya kutipan langsung berikut :

a)    Kutipan yang panjangnya kurang dari empat baris dimasukkan kedalam teks,
1. Diketik mirip ketikan teks
2. Diawali serta diakhiri dengan indikasi (“)
3.  Sumber rujukan ditulis langsung sebelum atau setelah teks kutipan

b)    Kutipan yg terdiri empat baris atau lebih,
1. Diketik satu spasi
2. Dimulai tujuh ketukan asal batas tepi kiri
3. Asal acum ditulis langsung sebelum teks kutipan

Kutipan tak lansung pernyataan yg hanya mengambil intisari pendapat yg kita kutip.Kutipan tak langsung ditulis menyatu dengan teks yg kita buat dan  tak usah diapit pertanda petik.Penyebutan asal bisa menggunakan sistem catatan kaki,bisa pula menggunakan sistem catatan langsung.

cara penulisannya menjadi berikut :
a.    Kalimat-kalimat yang mengandung kutipan pandangan baru tadi ditulis dengan spasi             rangkap sebagaimana dengan teks biasa
b.   Semua kutipan wajib  dirujuk
c.   Asal-sumber acum wajib  ditulis sebelum atau sesudah kalimat-kalimat             yg     mengandung kutipan.

semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Seorang INTROVERT yang Menyukai Dunia Blogging Di akhir tahun 2015 samapi dengan sekarang, yang sedang Belajar  Mengenal Dunia Blogging dan Harapan Ingin Menjadi Seorang "Blogger Profesional & Blogger Preneur". (23/8 bangoji.net)

Silahkan Berikan Komentar Relevan Untuk Artikel Ini
¤ Tidak Nyepam
¤ Tidak Promosi
¤ Tidak Menyematkan Link Aktif

Akan dihapus Spam, Promosi dan Link Aktif

*Diperbolehkan Untuk Diskusi dan Sharing Dikolom Komentar
EmoticonEmoticon