Pentingnya 5W + 1H Sebelum Memulai Ngeblog

Pentingnya 5W + 1H Sebelum Memulai Ngeblog - Istilah 5W + IH pasti sudah tidak asing untuk kita, apalagi buat sobat yang memiliki pekerjaan dibidang pemasaran. Saat kita baru terjun untuk memutuskan menjadi seorang blogger, ternyata istilah ini juga sangat berguna untuk kemajuan blog kita dikemudian hari.

5W + 1H ini wajib ( menurut saya ) kita lakukan sebelum memutuskan untuk membuat dan menulis sebuah artikel untuk blog kita. Tujuanya jelas, adalah supaya blog kita dapat meningkat pageviews nya, kemudian minat pengunjung, menambah visitors, dan akhirnya untuk menambah penghasilan kita. Dengan 5W + 1H ini, aktifitas blogging kita juga semakin terarah, karena sudah memiliki pondasi yang kuat diawal kita memulai ngeblog. Seperti apa 5W + 1H ini untuk aktifitas ngeblog kita ??


1. Why ??

Mengapa ?? >>> Ini adalah alasan mengapa anda harus ngeblog. Alasan ini adalah yang pertama harus anda tentukan. Hanya untuk sekedar sharing kah dengan mempublih artikel seputar aktifitas kita ?? Untuk mereview atau mempromosikan produk ? Untuk Branding bisnis dan personal sobat ?? Untuk mencari uang ?? atau untuk apapun itu, yang jelas alasan adalah hal yang pertama sobat harus temukan karena nanti akan berkaitan dengan poin-poin yang lain.


2. What ???

Apa ?? >> Ini adalah tahap lanjutan setelah menentukan alasan mengapa kita harus ngeblog. What ?? adalah berkaitan dengan topik, atau niche blog, berkaitan juga dengan visi dan misi kita untuk jangka panjangnya, dan akhirnya hal ini berkaitan erat dengan artikel atau konten yang akan kita sajikan untuk blog kita.

Niche atau topik ini wajib kita tentukan diawal, apakah niche nya wide topic / niche-specific. Apakah untuk sekedar menulis diari kita, untuk sekedar eksis saja, untuk memasarkan / mereview produk,dsb. Jangan secara asal dalam membuat blog, dan kalau bisa hindari juga topik yang terlalu gado-gado. Karena jika blog kita terlalu gado-gado kita akan sulit untuk mendapatkan pengunjung setia. So, tentukan topik diawal, visi dan misi yang jelas untuk kemajuan blog kita dikemudian hari.


3. Who ??

Siapa ?? ==> Ini adalah pertanyaan untuk kita sebagai penulis blog dan siapa target pengunjung kita ??
Siapa kita ? Sebagai penulis blog kita harus menempatkan diri kita seperti apa, atau karakter kita seperti apa, karena ini nanti akan berhubugnan dengan gaya bahasa penulisan artikel untuk blog kita.

Siapa pengunjung kita ??
Target pengunjung kita siapa ?? anak mudakah ?? orang dewasa - orang tua kah ?? atau semua umur bisa ?. Hal ini juga ada kaitanya dengan gaya bahasa yang akan kita gunakan untuk blog kita. Ambil contoh misalkan seperti situs www.malesbanget.com. Itu adalah situs untuk anak muda, maka gaya bahasa penulisan juga disesuaikan. Atau misalkan ada blog yang khusus membahas seputar parenting, maka gaya penulisan artikel blog tersebut akan banyak diawali dengan sapaan ayah bunda, atau jika blog tersebut bertema anak-anak, maka gaya penulisanya akan banyak diawali dengan adik-adik, atau kakak.

Nah itulah pentingnya kita menganalisa Who/Siapa untuk blog kita, karena sangat berkaitan dengan gaya penulisan diblog kita, dan gaya penulisan berhubungan erat dengan karakter blog tersebut.

Jika blog kita memiliki karakter yang bagus, hal ini bisa membuat visitor kita merasa nyaman dan mereka merasa berhadapan dengan orang, bukan mesin yg sekedar melakukan CTRL+C CTRL+V. Inilah yang akan membuat mereka merasa nyaman dan betah membaca tulisan kita.


4. Where ??

Dimana ?? >>> Ini berkaitan dengan platform apa yang akan kita gunakan dan menggunakan domain gratisan kah atau berbayar.

Menentukan platform diawal kita akan memulai ngeblog sangatlah penting. Umumnya para blogger menggunakan dua platform yaitu blogspot dan wordpress sebagai pilihan platformnya. Silahkan sobat tentukan pilihan, dari kedua platform ini memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing, silahkan dipelajari terlebih dahulu lalu putuskan mau menggunakan platform .

Kemudian menentukan domain juga sangat penting. Ini mungkin khusus untuk platform blogspot, walaupun blogspot bisa kita custom dikemudian hari, lebih baik jika dari awal sudah menggunakan domain berbayar seperti .com,.net .org dll. Dari pada nnti sudah dipertengahan jalan ketika blog kita sudah memiliki pengunjung, lalu sobat mengcustom domainya, tentu ini akan mengulang dari awal lagi untuk domain nya.


5. When ??

Kapan >>> Ini ada hubunganya dengan strategi kapan waktu yang tepat untuk mempublish sebuah artikel. Setiap topik memiliki waktu efektif yang berbeda-beda, tergantung dari poin 2 di atas, yaitu visitor. Cara paling gampang untuk mempelajari ini adalah melalui statistik situs ( Misalkan menggunakan histat atau Google Analytic, dll).

Contoh: Misalkan situs tentang teknologi/gadget akan mengalami penurunan visitor di akhir minggu, sebaliknya situs tentang entertainment,hiburan dan olahraga akan mengalami peningkatan di akhir minggu (berdasar pengamatan pribadi).

Tentunya anda baru bisa mengimplementasikan poin ini jika visitors sudah cukup banyak. Jadi jangan terlalu dipikirkan dulu tentang poin ini sampai blog sobat mapan. Namun penting diawal kita sudah harus memasang tracking untuk blog kita. Saran saya gunakan histat saja.



1+. How ??

Bagaimana ?? >>> Ini berkaitan dengan strategi marketing untuk blog kita. Bagaimana cara nya agar blog kita segera mendapat pengunjung. Wajib mengetahui seputar SEO memang benar, walaupun ada juga blogger yang tanpa SEO pun tetap mendapat pengunjung, tapi akan lebih baik jika kita mengerti SEO.

Kita juga bisa menggunakan kekuatan social media, seperti Facebook, Twitter, Gplus, dan lain-lain, untuk share artikel yang kita publish. Menjadi blogger tamu dengan menulis artikel di blog orang lain juga bisa sobat lakukan untuk memperkenalkan blog sobat, dengan blogwalking juga masih bisa kita lakukan. Atau dengan promosi di blog orang lain yang sudah memiliki visitor yang tinggi dan seniche dengan blog kita juga bisa kita lakukan.


Intinya adalah carilah strategi yang tepat agar blog kita sesegera mungkin bisa mendapatkan pengunjung.

Itulah Pentingnya 5W + 1H sebelum kita memutuskan untuk membuat sebuah blog. Cukup sekian dulu, silahkan berkomentar jika artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

No comments for "Pentingnya 5W + 1H Sebelum Memulai Ngeblog"


=> CLOSE ADS KLIK 2X <=