Thursday, September 15, 2016

Panduan Menulis Artikel Ilimah atau Makalah

Tulisan ilmiah merupakan salah  satu dari beberapa jenis karya tulis atau karya ilmiah. Artikel ilmiah terkenal dihargai dengan 2 nomor  kredit.

Pengajar dapat menentukan jenis tulisan ini menjadi karya tulis pada rangka memenuhi nomor  kredit asal unsur kegiatan pengembangan profesi.


Judul

Dalam menulis judul artikel ilmiah bisa ditulis menggunakan bahasa indonesia, yang perlu diperhatikan adalah judul harus ringkas, singkat, deskriptif.

Terdiri dari kata seminimal mungkin, tapi usahakan buat agar judul bisa menggambarkan isi dari artikel ilmiah anda. Jangan menggunakan singakatan pada judul, karena judul harus jelas dan informatif. Judul ditulis mengunakan huruf kapital, sementara istialh di bahasa asing dibuat miring.


Nama Dan Alamat Penulis

Nama penulis ditulis dengan tidak memakai gelar serta dalam penulisan nama dari 1 artikel ke artikel lainya wajib konsisten artinya tidak berubah-ubah.

Hal ini merupakan hal yang penting dalam pengindeksan nama dari pengarang, keterangan yang berkaitan dengan sekolah pengarang, alamat penulis, serta email uga harus dicantumkan dengan jelas, serta diletakan di catatan kaki pada halaman judul memakai huruf yang lebih kecil dibandingkan ukuran huruf pada teks.


Pendahuluan

Pada pendahuluan anda harus mengemukakan suatu permasalahan ataupun konsep dari penelitian sebelumnya dengan jelas serta ringkas sebagai dasar dari dilakukanya penelitian yang akan anda tulis sebagai artikel ilmiah anda.

Dalam pendahuluan juga wajib menjelaskan kenapa topik penelitian dipilih serta dianggap penting, dan pada bagian akhir harus dijelaskan tujuan penelitian itu.


Metode

Alur dari pelaksanaan penelitian wajib anda tulis dengan urut dan jelas, agar peneliti yang lain  bisa menjadikan penelitian anda sebagai patokan jika ingin meneliti hal yang sama dengan anda, spesifikasi bahan harus teliti dan rinci.

Apabila metode yang anda pakai sudah digunakan orang sebelumnya maka anda harus menulis acuan yang anda pakai dalam daftar pustakanya.


Pembahasan

Hasil penelitian harus anda bahas dalam bab pembahasan atau isi dari artikel ilmiah anda, anda bisa menambahkan tabel atau grafik agar pembaca bisa mudah memahami tentang penelitian anda, serta tidak lupa beri keterangan secukupnya. Dalam bab ini anda harus mengemukakan hasil penelitian.


Saran

Jangan lupa dengan saran, saran harus anda dasari dengan hasil temuan yang anda temukan dalam penelitian, bisa dengan pengembangan dari teori baru.

Anda bisa memberi saran kepada peneliti baru atau peneliti yang mungkin ingin meneliti hal yang sama dengan anda.


Ucapan terima kasih

Ucapan terima kasih harus dibuat dengan singkat dan jelas, kepada siapa ucapan terima kasih itu ditujukan, entah untuk tim kerja, atau untuk sponsor yang sudah mendanai proyek anda.

Beberapa bab yang harus diperhatikan pada saat membuat karya ilmiah, kalian bisa menambahkan sendiri jika ada bab tambahan.

Semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang lagi sedang mencari penduan ini.

Seorang INTROVERT yang Menyukai Dunia Blogging Di akhir tahun 2015 samapi dengan sekarang, yang sedang Belajar  Mengenal Dunia Blogging dan Harapan Ingin Menjadi Seorang "Blogger Profesional & Blogger Preneur". (23/8 bangoji.net)

2 komentar

Silahkan Berikan Komentar Relevan Untuk Artikel Ini
¤ Tidak Nyepam
¤ Tidak Promosi
¤ Tidak Menyematkan Link Aktif

Akan dihapus Spam, Promosi dan Link Aktif

*Diperbolehkan Untuk Diskusi dan Sharing Dikolom Komentar
EmoticonEmoticon