Dari Mana Harus Memulai Ngeblog?

Memulai Ngeblog

Memulai ngeblog itu sebenarnya sangatlah mudah, tapi kebanyakan orang dibuat bingung oleh dirinya sendiri.

1. Tentukan tujuan

Apakah tujuan ngeblog itu penting? Sangat penting. Jika kita tidak memiliki tujuan maka sudah pasti blog kita nantinya akan tidak jelas arah tujuannya akan kemana, dan kita juga menjadi tidak konsisten dalam mengurus blog kita.

Ngeblog itu butuh waktu, tenaga, dan pikiran. Jangan sampai semuanya terbuang sia-sia karena tidak memiliki tujuan yang jelas.

2. Tentukan topik

Pilihlah topik yang benar-benar sobat minati sesuai dengan hobi atau keahlian sobat. Jika sobat memilih topik yang sobat sendiri tidak begitu suka, maka blog sobat tidak akan bertahan lama.

3. Pilih layanan ngeblog

Banyak sekali layanan yang dapat kita gunakan untuk ngeblog, seperti Blogger.com, WordPress.com, Tumblr.com, dan lain sebagainnya. Semuanya punya kelebihan serta kekurangannya tersendiri.

Tapi menurut saya Blogger.com adalah pilihan tepat buat sobat. Selain karena gratis, blogger.com sangat mudah digunakan untuk pemula.

4. Mulai menulis

Jika sobat sudah memiliki blog maka yang paling penting adalah mengisi blog sobat dengan tulisan. Mulailah menulis apa saja yang ingin sobat tulis sesuai dengan topik yang sudah sobat tentukan.

5. Mempercantik blog

Hal yang sebenernya tidak begitu penting dilakukan oleh blogger pemula tapi gak ada salahnya kalo dilakukan asal tidak berlebihan.

Sobat bisa mengganti template atau tampilan blog sobat dengan yang lebih bagus, memasang widget-widget agar semakin indah dipandang, dan lain-lain. Tapi ingat! jangan berlebihan karena kebanyakan blogger pemula ketagihan gonta-ganti template atau tampilan yang akhirnya hanya membuang-buang waktu.

No comments for "Dari Mana Harus Memulai Ngeblog?"


=> CLOSE ADS KLIK 2X <=