Tuesday, August 16, 2016

Cara Menulis Artikel Blog Sendiri

Sampai saat ini kata original dalam blogging memang masih belum bisa menjadi kenyataan. karena hal yang mencolok terjadi adalah banyaknya kasus copy-paste artikel tanpa memberikan link sumber.

Hal ini secara umum bisa dibilang sebagai kasus plagiat. Itu akan merugikan blog sumber asli, karena harus di copas oleh orang yang tidak bertanggung jawab, padahal kita bersusah payah untuk menulis konten yang original supaya bisa menjadi nomor 1 di search engine.

Lalu bagaimana kita agar bisa menulis konten sendiri? Tanpa harus copas blog orang lain?


1. Gunakan Pengalaman Sebagai Sumber Ide

Pengalaman adalah narasumber yang paling mudah kita temukan, karena kita berbicara dengan diri kita sendiri.

Begitu banyak pengalaman yang kita temui dan malah kadang harus terlewat begitu saja. Namun kita bisa sedikit mengingat-ingat kembali dan kemudian kita menuangkannya sebagai sebuah postingan blog.

Cara untuk mengetahui apa saja kebutuhan orang lain tersebut bisa kita temukan menganalisa keywords yang seringkali  muncul, gunakan webmaster tools-nya Google untuk bisa mempermudah.

Bisa juga dengan kita mengunjungi forum-forum untuk mengetahui cara, tips atau berita terbaru yang ada.


2. Tentukan jenis Artikel

jenis artikel disini maksudnya ialah bentuk dari artikel yang ingin kita buat, apakah tentang berita, tips, review, cerita humor, sindiran (satire), dan lain-lain. 

Yang paling banyak dicari adalah tipe tips dan cara, kita bisa menulis artikel dengan tipe ini.


3. Tentukan Judul

Judul adalah garis besar dari keseluruhan isi konten yang akan kita buat. Menentukan judul sebaiknya dilakukan pada saat kita belum menulis artikel.

Selain berguna untuk memberikan fokus kepada isi, hal ini juga akan memudahkan kita mengolah ide yang sudah tertanam pada otak kita.

Judul sebagai "provokasi" agar pembaca bisa tertarik untuk lebih jauh membaca isi konten yang kita tulis.


4. Gaya Bicara

Gaya bicara kali ini bukan dimaksudkan untuk keriginalan gaya yang harus diterapkan, namun kali ini  lebih kepada ciri bahasa yang dibawa.

Hal ini akan menjadi identitas pada blog kita. Banyak blog di indonesia yang memiliki gaya bahasa sama, dan juga isi atau konten yang ditulis sama.

nah kita bisa membuat gaya bahasa sendiri sebagai identitas blog, hal ini akan menarik pengunjung agar mau mengunjungi blog terus menerus.


Seorang INTROVERT yang Menyukai Dunia Blogging Di akhir tahun 2015 samapi dengan sekarang, yang sedang Belajar  Mengenal Dunia Blogging dan Harapan Ingin Menjadi Seorang "Blogger Profesional & Blogger Preneur". (23/8 bangoji.net)

2 komentar

Artikelnya menarik bang, so like it :-)

hai mba indy
terimkasih telah membaca artikel di blog ini, semoga bisa bermanfaat.

Silahkan Berikan Komentar Relevan Untuk Artikel Ini
¤ Tidak Nyepam
¤ Tidak Promosi
¤ Tidak Menyematkan Link Aktif

Akan dihapus Spam, Promosi dan Link Aktif

*Diperbolehkan Untuk Diskusi dan Sharing Dikolom Komentar
EmoticonEmoticon