Sunday, May 1, 2016

Daftar Software Beserta Kegunaannya (5 Kategori)


Apa kamu bingung mencari Software yang cocok dengan kebutuhanmu ? jika yaa, mari bacalah artikel ini sampai tuntas, Sebelumnya memang terkadang kita bingung seperti contoh memilih Software untuk mengedit video namun kamu belum tahu semua nama-nama softwarenya.

Banyak sekali software di dunia ini , software adalah perangkat lunak yang memudahkan kita melakukan sesuatu atau kegiatan tertentu , semisal kamu ingin memutar lagu maka pakailah software pemutar musik seperti Winamp,dll. Tanpa software komputer tak akan menjadi seistimewa sekarang jadi memang software adalah komponen istimewa di sebuah Komputer.

Dan sebelum membahas lebih detail ingatlah Software memiliki System Requires atau Sistem yang harus dipenuhi , tidak semua software bisa diinstall di komputer kamu , semisal kamu ingin memasang Adobe After Effect CS5 maka komputer kamu harus memiliki Prosesor,Ram,Hardisk,dll yang memenuhi kriteria pemasangan Software tersebut, jika tidak terpenuhi maka yang terjadi software tidak bisa dijalankan bisa pending,atau macet.
Baiklah berikut daftar software beserta kegunaannya :

1.Software Edit Foto dan Membuat Ilustrasi

-Adobe Photoshop : Software ini merupakan software berbayar, namun sepadan kok dengan fitur-fiturnya .Photoshop juga banyak dalam versi seperti kebanyakan Software yang di buat oleh Adobe yaitu (Creative Suite) CS1,CS2,CS3,CS4,CS5,CS6 dan yang terbaru sejak 2014 adalah Adobe Photoshop CC 2014 dan 2015 (Creative Cloud) perbedaannya CC harus online jadi sebelum menginstall kamu harus log in dengan Adobe ID kamu.

-GIMP: Software ini adalah Freeware atau gratis , jadi software ini alternatif dari Adobe Photoshop , ukurannya lebih ringan.

-PhotoScape : Software ini memang tak secanggih photoshop namun jangan sangka Photoscape memiliki efek-efek yang keren pas untuk Fotografer yang ingin menambah efek.

-Paint: Merupakan software bawaan Windows , penggunaannya terbilang cukup mudah dan simple , namun tidak support background transparan seperti Photoscape.

-Adobe Illustrator : Software ini adalah bagian dari Adobe Product yang merupakan saudara Photoshop , berbeda dengan Photoshop . Adobe Illustrator dikhususkan untuk membuat ilustrasi atau gambaran dan pastinya software ini lebih berat dari Adobe Photoshop, namun pastinya setiap CS berbeda System Requires.

-CorelDRAW: CorelDRAW merupakan software alternatif dari Illustrator , CorelDRAW sendiri memiliki versi-versi seperti Adobe Product kalau Adobe CS & CC , CorelDRAW adalah X seperti : X2,X3,X4,X5,X6, dan yang terbaru X7.


2.Software Browser

-Google Chrome : Software ini adalah browser paling rekomended karena kecepatan browsernya cepat dan ditambah dengan Chrome Store nya bisa memasang ekstensi – ekstensi tertentu.

-UC Browser : Browser ini sangat ringan serta animasinya sangat smooth , mesin UCBrowser menggunakan mesin Chrome seperti kebanyakan Software Browser lainnya.

-Mozilla Firefox : Jangan ngaku pernah bermain komputer kalau tidak tahu software satu ini, Browser Mozilla adalah browser yang banyak dipakai selain Chrome . Bisa dikatakan software ini sangat legend sekali , di warnet-warnet atau setiap komputer pasti browsernya Mozilla Firefox.

-Maxthon: Browser satu ini memang wajib diacungi jempol , memang browser satu ini dikenal browser paling baik kinerjanya.


3.Software Pengolah Kata

-Microsoft Office : Microsoft Office merupakan software pengolah kata terbaik, terbukti setiap komputer pasti ada software satu ini . Ms. Office adalah satu pack dari Software – Software pengolah kata buatan Microsoft lainnya seperti Microsoft Word, Microsoft Excel , Microsoft Access , Microsoft Power Point, Microsoft Outlook,dll.

-Notepad++: Notepad++ merupakan software ringan yang dapat menyimpan catatan anda dengan baik, selain itu Notepad++ Cocok buat kamu yang membuat semacam coding agar lebih mudah , Software ini merupakan Freeware jadi kamu tak perlu membeli lisensi apapun.

-Notepad: Sepintas nama Notepad dan Notepad++ sama namun memang berbeda Notepad satu ini merupakan software bawaan OS Windows , fungsinya sama seperti Notepad++ namun tak selengkap Notepad++ fiturnya.


4.Software Pengedit Video (Rendering)

-Windows Movie Maker : Movie Maker merupakan software editing video yang simple dan ringan , namun fiturnya kurang lengkap hanya menambah teks, dan animasi kecil lainnya.

-VideoPad : sama seperti Movie , VideoPad software editing video simple dan ringan , namun VideoPad lebih kaya akan fitur dan software ini berlisensi namun kamu bisa memakai trial version.

-Adobe Premiere Pro : Premiere Pro merupakan Software editing video yang sangat baik , mulai dari fitur,dan lainnya, namun komputer kamu harus memiliki kinerja yang baik juga untuk menjalankan Software ini, untuk menggunakannya kamu harus membeli lisensinya seperti Adobe Product.

-Adobe After Effect : After Effect sama seperti Premiere Pro namun After Effect dikhususkan bagi kamu yang ingin menambah efek pada video kamu seperti efek tembak,terbakar,dll. Dengan adanya fitur tersebut menambah besar kinerja komputer anda jadi pakai Komputer yang memiliki system yang bagus pula.

-Sony Vegas Pro : Tak jauh dari Adobe Premiere ada Sony Vegas Pro , Software besutan Sony Entertaiment ini memang sangat dianjurkan untuk pemula , dan System Requires nya pun tak terlalu besar.


5.Software Perekam Layar Desktop

-Camtasia Studio : Camtasia Studio memang wajib diacungi jempol tak hanya merekam layar secara HD saja , software ini juga bisa mengeditnya langsung bisa jadi alternatif mengedit video tutorial anda tanpa harus repot , software besutan TechSmith ini sangat berguna bagi kamu yang suka membuat tutorial komputer dengan merekap desktop secara langsung dan HD dengan ukuran yang sangat kecil.

-Bandicam : Para Youtubers yang mendiami kategori Gaming pasti sangat perlu software ini karena bisa merekam aktifitas gameplay kita selain itu Bandicam juga bisa merekam aktifitas biasa di desktop sangat praktis dibandingkan dengan Fraps , Bandicam lebih unggul dalam merekam gameplay di komputer karena Fraps hanya merekam 2 Menit saja sudah lebih 2GB ukuran video tersebut dengan 60 FPS sangat menghabiskan hardisk kita kan?.


6.Software Pemutar Video

-VLC: Software ini sangat bagus untuk menonton video , dengan fitur sangat sederhana yaitu menambah subtitle, mengatur kontras video, menambah efek saat memutar video. Software ini freeware jadi tak perlu mengeluarkan biaya untuk software satu ini.

-Windows Media Player : Ini adalah Player bawaan dari Windows , fiturnya sangat banyak , namun tidak bisa menambah subtitle dari software jadi harus menyatukan dalam satu folder dengan nama yang sama antara file video dan subtitlenya.

-GOMPlayer : Pemutar Video yang sangat ringan, seperti Software Pemutar Video lainnya.

7.Software Antivirus
-Windows Defender : Anti virus satu ini adalah Antivirus buatan Microsoft yang baik, dapat menghapus seperti Malware,dan jenis virus lainnya.

-Smadav : Anti virus buatan anak mahasiswa asal Jogjakarta,Indonesia ini memang wajib diacungi jempol karena buatan dalam negeri tak kalah hebatnya , lisensi software ini sangat murah yaitu Rp 30.000 pas dikantong pastinya , namun masih banyak kekurangan menurut saya karena registry windows saya terhapus karena Smadav -_- .

-Kapersky
-AVG
-BitFender
-Eset

Nah apakah kamu sudah menemukan software yang cocok buat komputer kamu ? hehe maaf hanya 7 kategori saja. Di lain kali pasti saya lanjutkan.

Semoga ilmu saya dapat membantu sobat untuk lebih mengenal dunia IPTEK , pesan saya gunakan teknologi dan kemajuan IPTEK untuk kebaikan ^_^ .

Seorang INTROVERT yang Menyukai Dunia Blogging Di akhir tahun 2015 samapi dengan sekarang, yang sedang Belajar  Mengenal Dunia Blogging dan Harapan Ingin Menjadi Seorang "Blogger Profesional & Blogger Preneur". (23/8 bangoji.net)

3 komentar

untuk smadav kalo mau belis lisensinya gimana ya ? itu udh permanen apa belum ?

Sony Vegas Pro memang sangat berguna bagi saya gan

Iya gan, Emg mantap untuk pemula

Silahkan Berikan Komentar Relevan Untuk Artikel Ini
¤ Tidak Nyepam
¤ Tidak Promosi
¤ Tidak Menyematkan Link Aktif

Akan dihapus Spam, Promosi dan Link Aktif

*Diperbolehkan Untuk Diskusi dan Sharing Dikolom Komentar
EmoticonEmoticon