Sunday, May 29, 2016

Be Muslim Preneur - Notulensi dan Resume Diskusi

Tags



Bersama kak Kusnan, beliau adalah seorang :
-Presiden Youthcare Indonesia
-Trainer Nasional yg sudah berhasil menginspirasi ribuan sekolah di Indonesia
-Telah berpenghasilan jutaan saat masih SMA dan menembus 1 M diusia 20 th.

Bismillah,

Kita mulai dengan memahami kondisi muslim saat ini disekitar kita.

Kita mulai dari banyaknya masalah tentang ummat ini

Karena kita bahas bisnis,
Maka kita fokuskan ke sudut financial ya

Mohon maaf bukan berarti mengalihkan dari kajian keislaman dll

Ada beberapa kisah nyata.
Silahkan disimak.

Kisah satu

Pagi itu bakda subuh, gerimis, dirumah saya,
Ada ibu2 sudah lanjut usia datang.
Wajahnua memelas sambil sesenggukan
"Mas Kusnan, tolong saya,anak saya sudah 5 bulan nunggak bayaran, mau pinjam 2jt utk bayaran sekolahnya dan kebutuhan utk ujian. Tolong mas, hari ini harus ada"

Dan saya memacu motor ke ATM utk ambil uang 2jt lalu menyerahkan padanya.

Kisah dua

Pagi itu, salah satu murid saya telpon, sambil sesenggukan nangis "kak, bisa tolong saya?"
Jawab saya "Pasti,seoptimal kk bisa, kk tolong"
Dari ujung telpon sesenggukan "pinjam uang 10jt kak,ibu saya kecelakaan, nabrak orang, ini harus bayar 10jt utk ganti rugi dan biaya pengobatan dll. Saya tidak punya uang sebanyak itu"

Kisah tiga

Masih pagi, belum jam 10 telpon berdering
"Kak, seperti saya bicarakan sebelumnya, saya sudah jual semua barang, saya mau pindah dgn istri sekeluarga. Mau usaha kak, tolong usahakan ya kak,butuh 45juta lagi utk beli usaha fotocopy teman saya. Saya akan tinggal disana, insya Allah nanti sy cicil setiap bulan.paling lama dua tahun lunas deh kak"

Kisah empat

Salah satu mirid saya minta ketemuan dirumah. Bercerita panjang lebar. Diakhir cerita, dengan wajah memelas bilang. "Kak, saya mau pinjam 10juta kak,untuk lunasi biaya ibu saya umroh. Saya sudah janji kak. Insya Allah saya cicil selama 5 bulan kak"

Kisah lima

Salaj satu murid saya jelang nikah minta ketemuan. "Kak, bisa bantu saya? Saya mau pinjam 10jt utk menutup kebutuhan nikah saya, sekaligus buat jaga2. Semua uang saya sdh habis buay seserahan, beli mahar, dll"

Kisah enam

Jelang dzuhur ada yg nelpon "kak, bisa tolong transfer 7jt ke rekening saya. Saya pinjam dulu kak, minggu depan saya ganti. Ini mau keluar rumah sakit uang saha kurang utk bayar biaya operasi sesar"

Kisah ketujuh

Seorang murid, masih SMA dateng ke rumah saya dan bilang "kak, saya kecelakaan, uang pembuatan jaket yg saya pegang dicopet kak, ama tas dan seluruh isinya, sementara besok mau dipakai uangnya. Tolong pinjam dulu kak 4jt, nanti saya ganti. Saya cicil selama 5bulan"

Kisah kedelapan

"Kak, saya mau jual laptop saya. Saya butuh duit buat bayar biaya penelitian"

Kisah kesembilan

"Kak, sudah tau kabar si fulanah? Sekarang sudah buka jilbab"
Usut,diusut, karena sulit cari kerja dll, akhirnya si ukhti menggalkan jilbab.

Kisah kesepuluh

Salah satu murid saya kecelakaan, dirawat di RS Fatmawati. Masuk UGD dan diabaikan. Pas ditanya ke petugas, mereka bilang "jinannya apa pak?". Akhirnya saya ke ATM ambil 25jt dan bilang "ini jaminamnya". Detik itu juga langsung diurus.

Kisah terakhir barusaja,
Alhamdulillah si bayi baru lahir tertolong karena ada jaminan sejumlah uang.

Kisah tambahan,
Masih hangat.

"Kak, parah, ada yg lapor A**k, gak boleh ada pungutan. Sanlat tahun ini terancam tidak terlaksana"
Lalu saya berikam ide jualam, dan dua hari kemudian dapat 7jt. Harapan itu masih ada.

Lalu,
Apa inti semua kisah diatas?

Ini yg mau kit diakusikan.
Silahkan dilempar pertanyaan.
Biar sy jelaskan apa yg dibutuhkan teman2 diaini.
Sepakat?

Sesi Tanya Jawab

Pertanyaan 1⃣ :
1. Apa saja yang harus disiapkan untuk menjadi seorang entrepreneur
2. Kak Kusnan bisa tolong diceritakan awalnya terjun ke dunia usaha sehingga bisa mendapatkan penghasilan fantastis di usia muda? Untuk menginspirasi kami juga tentunya 

Jawaban 1⃣ :
1. Apa saja yang harus disiapkan untuk menjadi seorang entrepreneur
2. Kak Kusnan bisa tolong diceritakan awalnya terjun ke dunia usaha sehingga bisa mendapatkan penghasilan fantastis di usia muda? Untuk menginspirasi kami juga tentunya 

Cerita yg saya tulis diatas bisa menjawab kedua pertanyaan.

1. Yang harus disiapkan untuk menjadi entrepreneur itu salah satunya adalah ALASAN. Dan semua kisah diatas bisa menjadi alasan kenapa saya harus bisnis dan punya uang buanyak. Tidak sekedar bisa buat bertahan hidup, tapi juga bisa bermanfaat utk orang banyak.

Orang bisnis bisa dimasukkan ke-3 kategori.
1. Karena kepepet (alasan kuat)
Mosal karena PHK, dll.
Ini relativ lebih cepat sukses.
2. Karena belajar (disengajakan, direncanakan).
Ini yg bakal kalian lakukan.
3. Karena keturunan.

2. ILMU,
Bisnis butuh ilmu.

3. MODAL.
Tidak ada bisnis yg tidak butuh modal.

4. MENTAL.
Ini yg membuat kita bertahan dan growing.

==
2. Kalo diceritakan panjang nih.
Sejak kelas 3 SMA kk butuh duit buat bayar sekolah, bayar kost, dan makan.
Karena mulai kelas 3 SMA kk hidup harus urus sendiri, cari sendiri.

Maklum,
Kk lahir dari keluarga pra sejahtera, fakir miskin.
Ibu kk meninggal saat kk kelas 1 SD.
Ayah kk buruh tani.

Pertanyaan 2⃣ :
Dari beberapa kisah yg diceritakan Digrup
1 . Apa itu kisah dalam kenyataan ?
2. Jika itu betul terjadi, kira kira apa yg menjadi dasar yg kuat Mas Kusnan membantu mereka?
3. Jika kita rubah posision, diposisi mas Kusnan tersebut, adalah orang yg ingin membantu juga, tapi ada keterbatasan dari segi finansial " berhubung permintaan tolong nya ada materi " apa yang harus dilakukan oleh orang yg posisi nya sama dengan Mas Kusnan.
4. Cara jitu apa yang bisa buat kak kusnan membantu banyak org tnpa memikirkan kebelakang terkait masalah finansial?ingin rasanya seperti kakak bisa membantu teman2 sekitar kita tanpa merasa berat kehabisan uang di ATM bagaimana trik jitu kakak bisa menghasilkan penghasilan yang dibilang mampu membantu teman2 yang lainnya saat tertimpa musibah.

Jawaban 2⃣ :
1. Semua nyata dan saya alami sendiri.
2. Jelas, saya punya uang. Dan yg lebih jelas lagi, saya pernah dan sering mengalami kekurangan financial, bahkan saya alami dikeluarfa saya sendiri juga saya pribadi.
Miskin, gapunya duit, menahan lapar, ditagih utang, itu menyiksa sekali. Makanya kk membantu karena kk pernah merasakan.
3. Saya juga pernah mengalami itu, saat pertama kali terlibat di dunia dakwah sekolah, setelah lulus SMA tentunya. Punya binaan tapi gak punya duit. Dimintai tolong rasanya pingin nangis. Masak iya cuma bantu doa. Mau bantu duit, lha wong saya aja puasa karena gabisa beli makan.
Maka solusinya saya janji ama diri sendiri...HARUS KAYA...HARUS BISA BANTU.
4. Ini prosesnya panjang.
Kk pernah gagal, bahkam lebih sering gagal dari berhasilnya.

pertanyaan 3⃣ :
1. Dalam kehidupan sehari-hari rasanya banyak problem yang harus dihadapi. Ketika kita menjadi enterpreneur apakah hal tersebut serta merta dapat diselesaikan? Jika iya, bagaimana untuk menjalani hingga menjadikan masalah hidup dapat terselesaikan?

2.  contohnya seperti ini :Sya mau tanya kiat tahapan usaha bisa sukses, sy dr dlu beljr dan mencoba terus bwt olshop, sdh sy coba k medsos, tp hasilnya ttp saja, yg butuh atw minat produk sy sngt sdkit, akhrnya sy down, tp sy selalu berusaha menyemangati diri sy ttp utl konsisten dagang :), tp trnyt ttp sja,, sy sdh coba jualan berbagai produk ttp saja  tdk terlht sukses :),, skrng ini smpe saya bawa produk sy utk jual d kantor, tp ttp saja,, heheheh mhn bantuan utk share kiat dan semngt sprti ap yg harus d perlukan :)

bagaimana menyikapi masala tersebut?

Jawaban 3⃣ :
1. Bagi saya menjadi entrepreneur BUKAN UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH tapi sebagai _Masyru'_ (disyariatkan).
Awalnya memang karena kepepet, tapi setelah paham syariat, belajar muamalat.
Ternyaya bisnis itu _disyariatkan_

Ini sama seperti saat saya bisa dapat 1M pertama.
Saya bisnis asal untung, banyak hal subhat didalamnya.
Makanya setelah paham, kk *KEMBALI KE TITIK NOL*
Kk habiskan uang kk utk aktivitas sosial, dan memulai dengan usaha baru yg _jelas_ sesuai syariat.

Jadi bisnis bagi saya buka utk menyelesaikan masalah, tapi karena disyariatkan maka saya lakukan, perkara bisa menyelesaikan masalah, itu sarana saja.

2. Ini seperti kisah istri saya

N2. Lanjutan.
Istri saya alumni UI jurusan Fisika Nuklir dan Partiket.
GAK ADA SATUPUN MATKUL yang ngajarin bisnis apalagi jualan.

Tapi, di YC itu ada 4 PILAR UTAMA;
FAITH
ETHIC
LEADERSHIP
ENTREPENREU.
Dan keempat pilar itu harus diupgrade, semua, siapapun, termasuk istri saya.
Maka dia mulai usaha,
Pernah dapet duit,
Sering gagal dan ditolak.
Pernah tembha omset 50jt dlm sebulan,
Tapi pernah juga rugi buat gamis senilai puluhan juta.

Makanya dia tobat,
Dia mulai investasi buat belajar.
Ikut training sana sini, beli buku ini itu, coaching dll,
Dan keluar hampir tembus 10jt utk prosea itu,

Lalu mulai usaha lagi,
Dan masih bertahap.

Silahkan bisa cek usahanya di instagram
@Shieraki.indonesia

ngomong bisnis,
Gak bisa lewat seperti ini saja.
Butuh belajar, coaching dll.

Istri saya bayar jutaan utk coaching selama 2 bulan dll.


Saya tidak meminta teman2 bayar, tapi harus paham.
HARUS ADA INVESTASI
Baik waktu,pikiran, tenaga, uang, dll.

Logikanya seperti kuliah,
Dari SD sampai S1 keluar puluhan juta,waktu belasan tahun,pikiran stres dll.
Begitu lulus S1 cuma jadi karyawan dgn gaji 3jt.
Lalu bangga diri dan tidak ada yg lebih dari itu.
Bagi saya itu rugi besar.
Harusnya bisa optimal.

Lha wong AHMAD DAHLAN yang gak sekolah dan kuliah aja bisa bikin Muhammadiyah dan sekarang punya ribuan sekokah dan rumah sakit kok.

Yuk mikir...
✌

Lanjut,
Inilah yg membuay saya buat YOUTHCARE,
Lalu membuat sistem pembinaan didalamnya.
Pembinaan di 4 PILAR

FAITH
ETHIC
LEADERSHIP
ENTREPENEUR

pertanyaan 4⃣ :
1. Jadi, bagaimana memulai bisnis nya kak? Dengan modal yg minim dan belum terinspirasi apa yg mau dijual
2. Kak sya mau nanya, Usha apa sj yg mudah&bs dilakukn untuk siswa yg msh skolah? Trm ksh
3. apa saja usaha" kakak, dr semenjak SMA shingga kaakak bsa sukses sperti ini? Tolong beri penjelasa singkat usaha" ap saja yg pernah kakak jalankan..
4. Titik d mana kakak mendapatkan kesuksessan ini d saat kakak memulai usaha ap atau bagaimna kakak bsa sampai seperti ini?
5. Cara melihat peluang untuk berbisnis bagaimana kak?

Jawaban 4⃣ :
1. Mulai aja dgn jadi reseller. Sampai bisa merasakan bisa dapet duit. Klo bingung bisa japri saya. 082111218333 . 

2. Saya punya murid,masih kelas 2 SMP, bisa dapat 50jt dalam setahun (berarti sebulan 4jt) apa usahanya? Dia makelarin kaos, jaket angkatan, dan buku tahunan. Klien dia ada 10 sekolah. Ingat ya...DIA SMP KELAS 2.

3. Kelas 3 SMA saya jualan donat, ngeles privat, makelarin kaos dan jaket angkatan, lulus marketing buku tahunan, jualan komputer, buat warnet,bikin PT, ikut MLM, dll

4. Jatuh bangun.
Pernah jatuh, jatuh lagi, jatuh lagi, sampai terperosok jauh, rugi 80jt saat usia belum 19tahun. Lalu bangkit,bangkit,masih aja sama jatuh lagi, sampai Allah takdirkan dapat 1M pertama.

5. Liat aja di GUGEL.
Ketik : PELUANG BISNIS.
Nanti muncul ribuan peluang

pertanyaan 5⃣ :
1. Saya mau wirausaha
Basic seorang muslim dalam wirausaha adalah tidak semata mata mengejar untuk dan tidak terlibat riba
Pertanyaan saya :
Sebagai orang yang memulai dari titik nol dan membutuhkan modal besar bagaimana kita bisa tidak terlibat riba dalam kondisi kita tidak memiliki jaringan yang luas untuk pinjaman modal

2. Bagaimana cara mendapatkan modal kalau hutang di bank haram karena ada unsur riba?

Jawaban 5⃣ :
1&2 saya jawab sekaligus.

Ini nyata, kisah probadi saya.

Saya bisa dapat pinjaman lunak 25jt dal waktu 3 hari saja. Bahkan yg ngasih pinjam sempat bilang "kalo lo gak bisa balikin juga gpp nan, buat lo aja"

Mau tau siapa yg ngasih pinjaman _EDAN_ kayak gitu?

Btw,
Kalo gagal dan rugi,
Itu JATAH HIDUP,
Nikmati saja.

Kang Dewa, si dewa seling.
Harua rugi 7milyar baru bisa bikin buku bestseller dan suksea seperti sekarang ini.

Kamu sudah rugi berapa?
✌

Pertanyaan 6⃣ :
Siapa saja yang berperan penting dalam perubahan hidup Mas kusnan?

Jawaban 6⃣ :
Alloh,
Rasululloh,
Ayahku,
Budeku,
Istriku,
Anakku,
Dan 400an Rangers YOUTHCARE.

Closinh Statement :
"BISNIS BAGUS : Niatnya membantu orang, dikerjakan seperti hobi, kalo rugi pembelajaran diri, kalo sukses selaly berbagi." (@mokhamadkusnan)

✏Apakah benar dengan menjadi muslimpreneur (pengusaha muslim) bisa menghancurkan masalah2 kita? Silahkan simpulkan sendiri
#yukmikir ✌

Terkadang, orang Indonesia terbiasa disuapin, sekali kali cobalah untuk menggali dan menyimpulkan sendiri, ambil nilai2 yg tersirat dari pemateri kita.

Sekian,
Terimakasih

Seorang INTROVERT yang Menyukai Dunia Blogging Di akhir tahun 2015 samapi dengan sekarang, yang sedang Belajar  Mengenal Dunia Blogging dan Harapan Ingin Menjadi Seorang "Blogger Profesional & Blogger Preneur". (23/8 bangoji.net)

Silahkan Berikan Komentar Relevan Untuk Artikel Ini
¤ Tidak Nyepam
¤ Tidak Promosi
¤ Tidak Menyematkan Link Aktif

Akan dihapus Spam, Promosi dan Link Aktif

*Diperbolehkan Untuk Diskusi dan Sharing Dikolom Komentar
EmoticonEmoticon