Telur dan Tempe Gosong

jejak satu pena
Jejaksatupena.com - Suatu malam, ibu yang bangun sejak pagi, bekerja keras sepanjang hari, membereskan rumah tanpa pembantu. Baru jam tujuh malam ibu selesai menghidangkan makan malam utk ayah. Makanan yang dihidangkan sangat sederhana, hanya berupa telur mata sapi, tempe goreng, sambal teri dan nasi.
Sayangnya karena mengurusi adik yang merengek, tempe dan telur gorengnya sedikit gosong. Saya melihat ibu sedikit panik, tapi tidak bisa berbuat banyak, minyak gorengnya sudah habis.

Kami menunggu dengan tegang apa reaksi ayah yang pulang kerja pasti sudah capek, melihat makan malamnya hanya tempe dan telur gosong.
Luar biasa! Ayah dengan tenang menikmati dan memakan semua yang disiapkan ibu dengan tersenyum, dan bahkan berkata, "Bu, terima kasih ya!".

Lalu ayah terus menanyakan kegiatan saya dan adik di sekolah.

Selesai makan, masih di meja makan, saya mendengar ibu meminta maaf karena telur dan tempe yang gosong itu. Satu hal yang tidak pernah saya lupakan adalah apa yang ayah katakan: "Sayang, aku suka telur dan tempe yang gosong."

Sebelum tidur, saya pergi utk memberikan ciuman selamat tidur kepada ayah. Saya bertanya apakah ayah benar-benar menyukai telur dan tempe gosong?
Ayah memeluk saya erat dengan kedua lengannya dan berkata, "Anakku, ibu sudah bekerja keras sepanjang hari dan dia benar-benar sudah capek. Jadi sepotong telur dan tempe yang gosong tidak akan menyakiti siapa pun."

Ini pelajaran yang saya praktekkan di tahun-tahun berikutnya: Belajar menerima kesalahan orang lain, adalah satu kunci yang sangat penting utk menciptakan sebuah hubungan yang sehat, bertumbuh dan abadi.
Ingatlah emosi tidak akan pernah menyelesaikan masalah yang ada. Karena itu, selalulah berpikir dewasa. Mengapa sesuatu hal itu bisa terjadi pasti punya alasannya sendiri. Janganlah kita menjadi orang yang egois hanya mau dimengerti, tapi tidak mau mengerti. (sumber: www.ceritapop.com)

No comments for " Telur dan Tempe Gosong"


=> CLOSE ADS KLIK 2X <=