Saturday, February 28, 2015

Renungan Hari Ini

RENUNGAN HARI INI Suatu hari, Imam Al-Ghazali berkumpul bersama murid-muridnya lalu beliau bertanya : “Apakah yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini ?” Murid 1 : “Orang tua” Murid 2 : “Guru” Murid 3 : “Teman” Murid 4 : “Kaum Kerabat” Imam Ghazali : “Semua jawaban itu benar, tetapi yang paling dekat dengan kita ialah MATI. Sebab itu janji Allah bahwa setiap yang bernyawa pasti akan mati (Ali ‘Imraan; 3:185).
Imam Ghazali : “Apa yang paling jauh dengan kita di dunia ini ?” Murid 1 : “Negeri Cina” Murid 2 : “Bulan” Murid 3 : “Matahari” Murid 4 : “Bintang-bintang” Imam Ghazali : “Semua jawaban itu benar, tetapi yang paling benar adalah MASA LALU. Bagaimanapun kita, apapun kendaraan kita, tetap kita tidak akan dapat kembali ke masa lalu. Oleh sebab itu kita harus menjaga hari ini, hari esok dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan ajaran agama”. Imam Ghazali : “Apa yang paling besar di dunia ini ?” Murid 1 : “Gunung” Murid 2 : “Matahari” Murid 3 : “Bumi” Imam Ghazali : “Semua jawaban itu benar, tetapi yang paling besar sekali adalah HAWA NAFSU (Al A’raaf; 7:179). Maka kita harus berhati-hati dengan nafsu kita. Agar jangan sampai karena nafsu membawa kita ke neraka – [ Na'udzu billaahi minzaalikh]. Imam Ghazali : “Apa yang paling berat di dunia ini ?” Murid 1 : “Baja” Murid 2 : “Besi” Murid 3 : “Gajah” Imam Ghazali : “Semua jawaban itu benar, tetapi yang paling berat adalah MEMEGANG AMANAH (Al Ahzaab; 33:72). Tumbuh-tumbuh-an, binatang, gunung dan malaikat semua tidak mampu ketika Allah SWT meminta mereka menjadi khalifah (pemimpin) di dunia ini, tetapi manusia dengan sombongnya berlomba-lomba menyanggupi permintaan Allah SWT sehingga banyak manusia masuk ke neraka karena gagal memegang amanah”. Imam Ghazali : “Apa yang paling ringan di dunia ini ?” Murid 1 “Kapas” Murid 2 “Angin” Murid 3 “Debu” Murid 4 “Daun-daun” Imam Ghazali : “Semua jawaban itu benar, tetapi yang paling ringan sekali di dunia ini adalah MENINGGALKAN SHOLAT. Gara-gara pekerjaan kita atau urusan dunia, kita tinggalkan sholat”. Imam Ghazali : “Apa yang paling tajam sekali di dunia ini ?” Murid-murid dengan serentak menjawab : “Pedang!” Imam Ghazali : “Itu benar, tapi yang paling tajam sekali di dunia ini adalah LIDAH MANUSIA. (Al Hujuraat; 49:11) Melalui lidah, manusia dengan mudahnya menyakiti hati dan melukai perasaan saudaranya sendiri”. Mudah-mudahan ada pelajarn yang bisa kita petik, dan akan membawa kita meraih hikmah dari kisah tersebut. Serta membawa kita menjadi orang-orang meraih derajat Taqwa, Aamiin

Seorang INTROVERT yang Menyukai Dunia Blogging Di akhir tahun 2015 samapi dengan sekarang, yang sedang Belajar  Mengenal Dunia Blogging dan Harapan Ingin Menjadi Seorang "Blogger Profesional & Blogger Preneur". (23/8 bangoji.net)

Silahkan Berikan Komentar Relevan Untuk Artikel Ini
¤ Tidak Nyepam
¤ Tidak Promosi
¤ Tidak Menyematkan Link Aktif

Akan dihapus Spam, Promosi dan Link Aktif

*Diperbolehkan Untuk Diskusi dan Sharing Dikolom Komentar
EmoticonEmoticon